Home » » Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa yang Menguntungkan 2014

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa yang Menguntungkan 2014

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 28 Maret 2014 | 23:14

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa yang Menguntungkan 2014 merupakan artikel lanjutan dari artikel saya yang sebelumnya yang berjudul Ide Bisnis Rumahan dengan modal kecil untuk mahasiswa. Artikel yang kini anda baca akan menyempurnakan artikel tersebut dengan menghadirkan beberapa ide bisnis rumahan paling menguntungkan untuk mahasiswa di tahun 2014 ini.

bisnis rumahan utnuk mahasiswa
Haruskah mahasiswa menjalankan bisnis rumahan? tentu tidak ada keharusan, namun sebelum anda memiliki opini, saya ingin menghadirkan keuntungan menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa diantaranya :

1. Bisnis Rumahan tidak menyita waktu
Sebagai mahasiswa, anda memiliki kewajiban utama yakni menyelesaikan kuliah anda dengan IPK sebaik mungkin. Jadwal perkuliahan yang terkadang dapat menyita waktu banyak membuat mahasiswa harus pintar - pintar membagi waktu terlebih jika mahasiswa tersebut merupakan aktifis di kampus. 

Mengingat keadaan di atas, Bisnis Rumahan bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis tanpa mengganggu aktifitas kuliah di kampus. Karena bisnis rumhan dapat anda sesuaikan sesuai dengan porsi waktu anda sehari - hari. 

2. Bisnis Rumahan Tidak Butuh Modal Banyak
Sudah pasti menjalanan bisnis di rumah akan menghemat modal, untuk kamu mahasiswa yang ingin menjadi wirausaha muda namun memiliki modal cekak atau malah tidak memiliki modal, bisnis rumahan bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut.

kesempatan mendatang saya akan membahas bagaimana menjalankan usaha tanpa modal atau bagaimana cara mendapatkan modal untuk usaha anda.

3. Bisnis Rumahan Sebagai Ajang Latihan
Kebanyakan mahasiswa adalah pemula dalam dunia bisnis, pengalaman - pengalaman bisnis tentu masih sangat kurang sehingga alangkah baiknya mencoba berwirausaha dengan menjalankan bisnis yang tidak menggunakan modal terlalu besar.

Bisnis rumahan, seperti yang telah saya sebutkan di atas, menjadi solusi terbaik anda untuk mengawali langkah pertama anda di dunia bisnis. Bisnis rumahan  bisa menjadi pijakan pertama anda untuk menimba ilmu bisnis, tentang bagaimana menciptakan ide bisnis, memilih bisnis yang baik, bagaimana melayani konsumen, bagaimana memahami kemauan pasar dan sebagainya.

Tiga poin diatas merupakan kelebihan bisnis rumahan bagi mahasiswa yang sengaja saya jelaskan sebagai bahan pertimbangan anda dalam mengawali perjalanan anda dalam bisnis. Lalu, apa saja ide usaha rumahan yang baik untuk mahasiswa? berikut daftarnya.

  • Bisnis Online Rumahan
Jenis bisnis ini menjadi ide bisnis yang masih saya pertahankan di tahun 2014 ini, peluang bisnis online masih sangat besar dengan pendapatan yang besar tergantung seberapa baik kita belajar dan seberapa sabar kita dalam menekuni bisnis online. 

Ada banyak bisnis yang bisa kita jalankan di dunia maya, semisal affiliate marketing, reseller, Dropshipp atau menjadi publisher dengan menjadi penayang iklan PPC, sebagai rujukan silahkan anda baca artikel saya di bawah ini
Karena luasnya pembahasan tentang bisnis online, maka untuk usaha rumahan online akan saya jelaskan secara terpisah dan detail dalam satu kategori. Insya Allah selengkap, sejelas dan semudah - mudahnya sehingga anda akan cepat paham. 
Mark Zuckerberg adalah salah satu contoh mahasiswa yang sukses di bidang online. Anda mungkin tidak akan percaya bahwa bisnis online yang ia jalankan awalnya hanya di mulai di asrama pada saat beliau menempa pendidikan din universitas. Hartanya bernilai triliunan. Dan anda pasti tahu siapa beliau, ya, beliaulah pendiri jejaring sosial terkenal bernama Facebook.
  • Bisnis Rumahan Ternak Ikan
Beberapa teman saya yang kini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi mengisi waktu kosong mereka dengan mencoba menjalankan bisnis budidaya ikan. Kegiatan budidaya ikan tidak serumit bisnis online, anda hanya tinggal memberi makan setiap pagi sebelum berangkat sekolah dan sore pada saat pulang kuliah.

Masa tidak repot? ya, repotnya jelas pada saat kita membuat kolam atau sedang panen, setelah itu tugas kita hanya memberi makan sambil sesekali mengganti air jika kita menggunakan kolam terpal atau mengantisipasi adanya hama atau penyakit. Dengan dasar inilah bisnis rumahan dengan budidaya ikan sangat baik untuk mahasiswa.

lebih jelasnya silahkan baca artikel saya berjudul berbisnis dengan budidaya ikan di sini .
  • Jasa Penerjemah
Usaha rumahan ini semakin di butuhkan mengingat bahasa inggris semakin lama semakin di prioritaskan di berbagai sekolah ataupun instansi setelah bahasa indonesia. Akan sangat bagus jika jasa penerjemah di lakukan ditempat yang dekat dengan kampus, banyak dari para mahasiswa baik yang sedang menempuh strata satu, atau S2 merasa kesulitan saat membaca serta menerjemahkan teks - teks yang bersumber dari bahasa asing. 

Jasa ini terbilang masih jarang karena tidak semua orang mahir berbahasa inggris, namun tidak ada salahnya mencoba jika anda memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris karena ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan disini, seperti mendapatkan ilmu baru dari buku yang anda terjemahkan, mendapat hasil uang, serta semakin memperlancar anda dalam berbahasa inggris.

  • Berjualan 
Salah satu hal yang harus anda manfaatkan adalah kampus menampung banyak mahasiswa yang berarti sangat potensial untuk kegiatan jual beli. Anda bisa menjualkan barang milik anda sendiri dengan memproduksi barang entah barang kerajinan, makanan atau bisa juga produk milik orang lain yang bisa anda tawarkan kepada teman kampus atau sebaliknya produk milik teman kampus kemudian anda jual kepada masyarakat di sekitar daerah tempat tinggal anda.

Sudah banyak mahasiswa yang bisa membiayai kuliahnya sendiri dengan mejual barang atau produk. jadi untuk anda yang masih bingung karena kesulitan bayar SPP, bisa jadi anda akan membutuhkan bisnis jenis ini untuk menambah uang anda.
  • Penulis buku atau artikel
Bisa di bilang jenis bisnis ini modalnya sangat sedikit bahkan bisa saja tanpa modal. Namun, memerlukan ketekunan yang luar biasa. Anda bisa menjadi penulis  buku sesuai dengan keahlian dan kesukaan anda, anda yang suka menganailisa, anda bisa menulis buku non fiksi, jika anda senang berfantasi dan berimajinasi, menulis cerita dalam bentuk cerpen, atau novel akan bagus untuk anda.

Bisnis ini bisa sangat menghasilkan, anda bisa meraup uang ratusan ribu hingga triliunan rupiah tergantung dari kualitas tulisan dan strategi anda dalam menulis suatu karya. Anda bisa mengirimkan hasil kerya anda ke penerbit, koran maupun majalah. Tak hanya itu, anda bisa membuka jasa penulis artikel untuk para publisher atau internet marketer, coba anda ketikkan di pencarian google dengan kata " jasa menulis artikel " maka di hasil pencarian muncul banyak situs penyedia jasa menulis artikel.

Anda bisa mendaftar di situs tersebut sebagai penulis artikel sesuai dengan bidang keahlian anda.

Saya kira masa sekarang ini bukan jamannya seorang mahasiswa hanya menggantungkan diri kepada uang dari orangtua. Sudah sepantasnya anda mencoba untuk mandiri mengingat umur anda yang semakin dewasa yang nantinya anda akan segera masuk ke dalam dunia nyata penuh perjuangan untuk mencari penghasilan.

Dengan anda mencoba menjalankan bisnis rumahan, maka anda akan mendapatkan kesempatan berlatih serta melatih kekreatifitasan anda. Dan akhirnya, saya akan cukupkan artikel Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa yang Menguntungkan 2014 ini dengan doa semoga anda bisa sukses menjadi pengusaha sukses sebelum anda lulus dari kampus anda.




f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger