Home » » 6 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga 2014

6 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga 2014

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 28 Maret 2014 | 01:53

Bisnis Rumahan merupakan salah satu jenis bisnis yang menurut saya masih sangat potensial bagi masyarakat Indonesia. Di sejumlah daerah, bisnis rumahan terbilang masih sangat rendah karena kurangnya minat masyarakat untuk berwirausaha membangun bisnis yang mandiri dan dampaknya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang saat ini kondisinya masih kembang kempis.

Ibu rumah tangga juga harusnya tak ketinggalan untuk turut andil dalam bisnis rumahan agar dapat membantu perekonomian keluarga tanpa melalaikan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga yang memiliki anak yang harus di asuh dan suami yang harus di layani. Untuk mengawali pembahasan kita pada artikel Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga 2014 ini, saya ingin menghadirkan kisah para ibu rumah tangga yang sukses dalam menjalankan usaha bisnis rumahan diantaranya :


1. Ibu rumah tangga sukses dengan bisnis rumahan omzet 300 juta / bulan


bisnis rumahan
Kustinah merupakan seorang ibu rumah tangga yang awalnya hanya seorang buruh pabrik rempeyek sedangkan suaminya hanyalah penggali sumur. Setelah bertahun - tahun lamanya bekerja sekaligus menimba ilmu di pabrik tersebut. Ibu kustinah memberanikan diri untuk membuka sendiri usaha rumahan rempeyek dengan modal seadanya di Palemadu, Bantul. 

Berkat keyakinan dan ketekunannya, bisnis rumahannya menjadi berkembang dan kini telah memiliki 35 karyawan untuk membantu usah rumahannya serta memiliki penghasilan lebih dari 300 juta perbulan. Ibu Kustinah hanyalah buruh pabrik yang pendidikannya hanya sebatas SD, bagaimana dengan anda yang memiliki pengalaman lebih dan tingkat pendidikan lebih tinggi. Beranikah mencoba?


2. Irma Suryati Ibu Rumah Tangga Sukses yang Cacat
bisnis rumahan
source : tanpa-batas.com
Ini merupakan kisah inspiratif yang saya sukai karena selain inspiratif juga karena jasa beliau banyak waria dan PSK di daerah kelahiran saya di Purwokerto dapat membuka usaha atau gerai di daerah Lmas Agung.

Irma Suryati merupakan seorang Ibu rumah tangga yang cacat kaki sejak umur 4 tahun yang kemudian bersuamikan Aus Priyanto yang juga mengalami cacat kaki. Namun keyakinan mereka bahwa cacat bukanlah halangan untuk berkarya membuat mereka tetap berjuang dengan membangun bisnis rumahan kesed dari kain perca.

Dari bisnis rumahan tersebut, Pasangan cacat kaki tersebut kini memiliki pengrajin kain perca tak kurang dari 1500 pekerja dengan 150 diantaranya adalah penyandang cacat. Produknya telah di ekxpor ke berbagai negara dan omzetnya kini mencapai 50 juta perbulan. 

Karena keberhasilannya dan kepeduliannya kepada para wanita, beliau mendapatkan penghargaan dari KEMENPORA Wirausahawati Muda Teladan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga pada tahun 2007 kemudian penghargaan Perempuan Berprestasi 2008 dari Bupati Kebumen (2008), dan penghargaan dari luar negeri, tepatnya Jaiki, Jepang.

Oke, yang cacat saja bisa kenapa kita tidak?

Sengaja saya hadirkan kisah sukses di atas guna menyalakan keyakinan anda agar anda semakin yakin untuk mencoba berbisnis dari rumah dengan berbagai ide usaha rumahan yang bisa anda jalankan di rumah tanpa beranjak ke luar rumah dan berikut 10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga tahun 2014 

1. Bisnis Rumahan Usaha Kuliner
Bisnis kuliner menjadi ide bisnis favorit bagi para ibu rumah tangga karena biar bagaimanapun, memasak adalah kelebihan utama dari seorang wanita khususnya ibu rumah tangga. Bisnis rumahan kuliner bisa anda jalankan dengan modal kecil, yang terpenting adalah anda harus tekun dan terus mencoba ide - ide baru yang bisa membuat makanan atau produk yang anda tawarkan menjadi "yang pertama", " yang unik" atau " yang di utamakan ".

Ada banyak jenis bisnis rumahan model ini semisal jualan gado -gado, soto, atau kue. Selain itu anda juga bisa  berjualan bumbu jadi yang siap saji untuk keperluan masak. Sekali lagi, agar anda bisa sukses luar biasa, berilah nilai plus atau keunikan produk anda yang tidak di dapat dari produk lain yang sejenis entah dari kemasan, dari varian rasa, bentuk atau warna.

Kelebihan jenis bisnis ini adalah fakta bahwa orang indonesia itu hobi makan. Di beberapa kota, rumah - rumah makan, resto dan kafe mulai bertebaran di sepanjang jalan. Ini membuktikan bahwa bisnis kuliner usaha makanan masih sangat besar peluangnya untuk anda taklukan. 

2. Bisnis Rumahan Laundry
bisnis rumahan
gambar : khaledpunya.blogspot.com
Para ibu rumah tangga saya kira sudah tidak asing dengan hal cuci mencuci, terlebih jika anda sudah memiliki mesin cuci sendiri mengapa tidak mencoba menjadikan kegiatan rutin mencuci untuk kegiatan usaha rumahan yang menguntungkan dan menghasilkan uang untuk anda?

Untuk memulai bisnis rumahan ini, tidaklah sulit dan tidak memerlukan biaya atau modal besar. Sangat bagus jika anda sudah memiliki mesin cuci yang biasa anda gunakan untuk mencuci setiap harinya sehingga anda tidak perlu lagi membeli mesin cuci baru untuk memulai bisnis rumahan ini.

Afar anda sukses dalam bisnisini, usahakan pelayanan nomor satu. Sediakan jasa setrika dengan hasil cucian yang wangi dan halus. Hasil tertarget dengan waktu penyelesaian yang tepat sehingga konsumen puas terhadap hasil cucian dan puas karena bisa tepat waktu.

3. Bisnis Rumahan kerajinan tangan

bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga Seorang Ibu rumah tangga biasanya memiliki satu hobi yang mereka kerjakan untuk mengisi kekosongan waktu diantaranya adalah dengan melakukan berbagai kerajinan tangan seperti membuat dompet dari kain perca, kesed dari kain perca, tas dari bungkus kopi atau kerajinan tangan yang lain.

Bisnis ini jangan dianggap remeh karena salah satu kelebihan usaha rumahan ini adalah tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan yang kreatif dengan nilai seni yang tinggi. Ketika anda memiliki salah satu hobi dengan membuat kerajinan tangan, tekuni dan cobalah model lain atau pola lain yang baru sehingga kerajinan tangan yang anda hasilkan dapat diterima oleh masyarakat.

4. Bisnis rumahan online
bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga
Memang tidak semua memahami mengenai bisnis online, opini yang berkembang bisnis online cocok bagi mereka yang mengerti tenttang komputer dan internet, meskipun opini tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya karena buktinya banyak para ibu rmah tangga yang tidak memiliki pengetahuan tentang komputer dan internet namun bisa sukses membuka toko online.

Kunci sukses di bisnis ini adalah tekun dan mau belajar tanpa henti. Ilmu dan pengalaman anda akan bertambah dengan sendirinya melalui proses yang anda lakukan dalam melakukan bisnis rumahan online. Dari mencoba kemudian gagal dan salah kemudian menemukan titik kesalahan dan segera belajar dari kesalahan akan menjadikan pengetahun tentang bisnis online kita semakin matang.

Anne Ahira merupakan salah satu wanita luar biasa yang mampu meraup ratusan juta perbulan dari bisnis online. Awalnya dia tidak mengetahui apa itu email, Beliau belajar dengan cara otodidak atau belajar sendiri tanpa guru, tanpa mengikuti kursus, tanpa mengikuti seminar atau pelatihan yang lain. Anda pun saya yakin bisa mencobanya asal anda ulet dan telaten.

5. Bisnis Rumahan Membuat Baju
bisnis rumahan
Salah satu dari bisnis rumahan yang pantas di coba adalah bisnin pakaian. Anda yang memiliki kemampuan menjahit atau mendesain pakaian alangkah baiknya mencoba untuk memproduksi baju entah itu baju anak, pakaian tidur, atau jenis pakaian yang lain.

Bagi anda yang sekarang berprofesi sebagai penjahit, mulailah mencoba mengembangkan sayap bisnis anda dengan memproduksi pakaian jadi yang dapat diproduksi secara masal. Bagaimana dengan modal? modal sekarang gampang di dapatkan, ada banyak bantuan permodalan entah dalam bentuk pinjaman lunak seperti KUR dan PNPM, atau bisa juga dengan hibah dengan mengajukan bantuan kepada instansi pemerintah.'

6. Bisnis rumahan Tanaman Hias
Para ibu kebanyakan menyukai bunga, itu sudah menjadi cici khas seorang wanita. jika anda memiliki hhobi dengan berkebun atau menanam berbagai tanaman hias dan bunga mengapa anda tidak mencoba untuk memproduksi tanaman hias yang anda tanam sebagai hobi anda?

Peluangnya pun masih sangat besar dan permintaan pasar termasuk masih sangat banyak. Agar lebih ampuh, ada baiknya anda pelajari tentang kaidah - kaidah bercocok tanaman, mulai mempelajari karakteristik tanaman  yang anda sukai dengan begitu selain sebagai hobi yang dapat menghilangkan stress, anda juga diuntungkan dengan rupiah yang dapat anda kumpulkan dari usaha rumahan tanaman hias anda.

Dari pemaparan diatas, apakah anda, para ibu rumah tangga ingin mencoba bisnis rumahan

Semoga artikel 6 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga 2014 dapat bermanfaat untuk anda yang ingin sukses bisnis rumahan meskipun anda adalah ibu rumah tangga.



Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger