Home » » Usaha Ternak Kenari Rumahan Yang Menjanjikan Untung Besar

Usaha Ternak Kenari Rumahan Yang Menjanjikan Untung Besar

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 25 Maret 2014 | 02:06

Ternak Kenari merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang bisa anda jadikan sumber tambahan penghasilan untuk menambah pundi - pundi uang anda. Usaha rumahan jenis ini biasanya bukan hanya karena ingin mencari keuntungan namun juga karena hobi, jadi untuk anda yang menyukai burung baca pembahasan ternak kenari berikut ini :

1. Mengenal Karakteristik Burung Kenari
Burung kenari merupakan salah satu burung yang sangat di gemari oleh para penggemar burung kicauan. Burung kenari menjadi primadona yang seringkali dipertarungkan di dalam kompetisi burung. harganya pun begitu fantastis mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.Untuk itulah saya ingin menjelaskan mengapa burung ini dapat begitu terkenal karena selain kicauannya yang indah burung jenis ini juga memiliki karakteristik lain yang membuat burung ini begitu di gemari diantaranya adalah :

  • Burung Petarung

    Bisnis Rumahan Ternak kenariBurung ini, secara alami memiliki sifat natural sebagai burung petarung. Hal ini terbukti dari kicauannnya yang indah ketika burung kenari menarik perhatian burung betina. Burung kenari akan berkicau dengan indah dan suara yang melengking untuk menunjukan kejantanannya. Inilah salah satu karakteristik yang membuat burung kicau ini menjadi digemari oleh para pecinta burung.


  • Mudah Jinak

    Burung kenari akan berteriak atau berkicau keras ketika berjumpa dengan pemiliknya. Burung ini mampu di jinakan dengan mudah, karena burung ini merupakan hasil dari penangkaran yang kemudian di rawat oleh pemilikinya. Dan dengan inilah, burung ini bisa mengenali pemiliknya dengan cara mengeluarkan suara kiacauannya. karakteristik ini yang tidak semua burung memilikinya.

  • Tidak Mudah Stres

    Kendala beberapa peternak burung adalah adanya kondisi mudah stress sehingga sulit berkicau. namun, hal tersbut tidak terjadi pada burung kenari. Burung kenari bisa tahan setress sehingga tidak masalah jika burung ini dipindah kandang. Pada jenis burung lain, ketika di pindah kandang maka akan mengalami stress sehingga enggan untuk berkicau. nah, burung kenari ini meskipun dipindah, burung ini akan tetap berkicau sehingga jangan heran burung ini seringkali mendapatkan juara di kontes burung kicau.

  • Birahi Yang Mudah Naik

    Salah satu keuntungan dari ternak kenari adalah karakteristik kenari yang mudah mengalami birahi khususnya burung jantan. Dengan birahi yang mudah naik, tentunya akan memudahkan para peternak dalam melakukan proses breeding atau mengembangbiakkan burung kenari.

  • Mudah Beradaptasi

    Apakah anda tahu bahwa burung kenari berasal dari eropa dan afrika? ya, burung ini sejatinya berasal dari daerah jauh. Namun, karena kemampuannya dalam beradaptasi inilah burung ini sangat mudah di pelihara dan diternakkan.
2. Tahapan ternak kenari 

Dalam ternak kenari yang berpatokan kepada aturan agar bisa menghasilkan bibit unggul kenari maka anda harus memperhatikan tahapan - tahapan ternak kenari berikut ini :

1. Kelamin jantan atau Betina. bagaimana cara membedakannya?
Ada banyak cara menentukan jenis kelamin burung kenari diantaranya 

  • Bentuk Telur
    ternak kenari
    sumber : tipsmancing.info
Untuk bentuk telur jantan biasanya berbentuk oval atau lonjong sedangkan burung betina biasanya berbentuk bulat

  • Bentuk Tubuh
Dilihat dari bentuk tubuhnya, burung jantan akan lebih langsung atau ramping bertubuh memanjang sedangkan untuk  burung kenari betina lebih sering berbentuk bulat atau buntek.

  • Kicauan
Pada burung jantan, pada saat umur burung jantan lebih kurang satu bulan maka burung jantan kenari akan terus ngoceh sementara untuk burung kenari betina biasanya tidak berkicau.

2. Memilih Burung dari Usia Kenari
Sama seperti manusia,Burung kenari juga memiliki masa - masa produktif untuk di kawinkan. Secara umum, burung ini sangat bagus jika umur burung jantan berumur 8-9 bulan sementara untuk burung betina sekitar 6-7 bulan. Anda harus jeli dalam menentukan usia burung ini, karena jika usia burung yang akan dikawinkan terlalu tua atau muda, hasil dari perkawinan ini atau anakannya akan memiliki kualitas yang kurang baik.

3.  Penempatan Kandang Atau Sangkar
Dalam memilih tempat untuk sangkar burung maka anda harus memperhatikan lokasi penempatannya. Usahakan lokasi sangkar atau kandang berada jadu dari keramaian, agar pada saat proses kawin, bertelur dan pengeraman burung kenari tidak merasa terganggu. Selain itu, tempatkanlah burung ini ditempat yang bebas dari semut atau serangga lain sehingga burung ini tidak terganggu oleh serangga yang menyerang indukan, maupun anakannya nanti. Pada penempatan sangkar, silahkan tempelkan di dinding agar kokoh sehingga tidak mudah goyang sebagai pencegahan dari hal - al yang tidak di inignkan.

4. Proses Penjodohan
Pada proses penjodohan, hal yang pertama dilakukan adalah proses pembiasaan. Antara burung kenari jantan dan burung kenari betina di biarkan saling melihat tanpa disatukan. Bisa dengan dipisahakn didua kandang yang berbeda, bisa pula di pisahkan dalam satu kandang dengan diberi sekat pembatas ditengah - tengahnya. Pada saat sudah sipa waktunya maka kesua induk disatukan dalam satu tempat atau sangkar untuk melakukan proses fertilisasi atau perkawinan.                                                                                                                            
Setelah dikawinkan maka telur tinggal bertelur, anda bisa menyiapkan sarang telur untuk mengeram yang sudah tersedia di pasaran atau anda bisa mencari rumpur kering dan biarkan burung betina yang nantinya akan mengumpulkannya serta merakitnya menjadi sarang eram. Untuk ukuran normal, telur burung kenari sekali bertelur biasanya mencapai 1-4 dan jika sedang produktif bisa menelurkan 6 telur sekaligus.
5. Proses Pengeraman
Telur - telur burung kenari yang di erami sebelum menetas biasanya membutuhkan waktu sekitar 12-14 hari tergantung pada cuaca. Untuk itulah para peternak biasanya memberi kehangatan buatan dengan cara memberi lampu bohlam 5 wat sebagai tambahan panas.                                                                                                              Untuk proses penetasan biasanya akn bergantian satu telur setiap harinya. Sangat di anjurkan untuk memisahkan  indukan burung jantan agar tidak mengganggu proses pemberian makanan oleh indukan betina. namun jika indukan burung jantan tidak mengganggu maka bisa tetap ditempatkan di kandang.

3. Analisa Usaha Ternak Kenari Rumahan

Untuk bahan pertimbangan usaha ternak kenari anda agar anda bisa memiliki gambaran yang jelas di bidang peternakan kenari ini, akan saya berikan analisa usaha ternak burung.

ANALISA BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI
Modal tetap :
Membeli 1 sangkar ternak  Rp 40.000
1 pasang induk siap jodoh warna standart   Rp 800.000
Jumlah modal tetap   Rp 840.000
Modal tidak tetap :
pakan milet I pasang selama setahun 6 Kg @ Rp 10.000  Rp 60.000/thn
sawi + gambas kurang lebih   Rp 30.000/thn
telur puyuh  Rp 35.000/thn
julah modal tidak tetap  Rp 125.000/thn
Modal keseluruhan Rp 965.000
harga 1 burung Rp 140.000 dan berterlur  6 kali dengan 4 telur sekali bertelur
Pendapatan selama setahun 6 x 4 telur x 140.000 Rp 3.360.000
Keuntungan 1 pasang induk Rp 2.395.000


Keuntungan dari satu pasang induk kenari perbulan mengahasilkan Rp. 2.395.000 / 12 = Rp. 199.000

Bagaimana kawan? lumayan bukan? keuntungan perbulan bisa anda perbanyak tergantung dari berapa pasang induk yang anda ternakkan. Jika anda menernakan 4 kali lipatnya berarti setiap bulannya anda mendapatkan sekitar 800 rb. 

Demikianlah artikel Usaha Ternak Kenari Rumahan Yang Menjanjikan Untung Besar yang semoga dapat membantu anda dalam mempertimbangkan usaha ternak burung kenari ini. Untuk lengkapnya tentang burung lain bisa anda baca di artikel dibwah ini :
Macam Jenis Bisnis Rumahan Dari Usaha Beternak Burung
atau

Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger