Home » » Usaha Rumahan Yang Menguntungkan di Pedesaan

Usaha Rumahan Yang Menguntungkan di Pedesaan

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 11 April 2014 | 12:31

Usaha rumahan idealnya memang di lakukan di tempat yang padat penduduk atau di tempat strategis yang menjadi jalur transportasi yang ramai. Bisnis ini sangat cocok di lakukan di lakukan di daerah perumahan atau kawasan padat penduduk di pusat kota. namun, bagaimana halnya untuk usaha rumahan di daerah pedesaan yang kadang masih berpenduduk jarang atau asumsi lain yaitu rendahnya daya beli masyarakat?

Daya beli masyarakat yang rendah serta jumlah penduduk yang masih sedikit menjadi kendala bagi para pelaku usaha rumahan untuk mengembangkan usaha sehingga lazimnya bisnis rumahan di daerah pedesaan kurang berkembang, namun, itu tidak berarti bahwa usaha rumahan yang di lakukan di desa tidak bisa berhasil. Kuncinya ada pada pemilihan ide bisnis serta segmentasi pasar.

usaha rumahan menguntungkan

Perlu anda kaji bagaimana adat kebiasaan desa kita karena terkadang suatu usaha tidak bisa di laksanakan di desa bukan karena hal lain justru hanya karena budaya masyarakat. Saya misalkan adalah warnet atau rental PS. Dua jenis usaha ini kurang di terima di masyarakat meskipun banyak peminat yang sebagian besar adalah para remaja. Desa yang masih menjunjung tinggi adat ketimuran seringkali menolak dua bisnis tersebut dengan alasan akan merusak moral bangsa. Anda bisa saja tetap mengambil jenis usaha rumahan tersebut namun dengan resiko bisnis anda akan di blokir dengan berbagai jalan.

Memperhatikan hal tersebut di atas, lebih baik kita mencari ide usaha rumahan yang aman dan dapat diterima di masyarakat pedesaan. Masih ada banyak usaha lain yang bisa diterima dan hasilnya tak kalah besar dengan usaha tersebut. Untuk itulah saya akan memberikan anda beberapa jenis usaha rumahan yang bisa anda baca pada artikel

Usaha Rumahan yang menguntungkan di pedesaan

Sebagai sarana anda dalam memilih jenis bisnis rumahan yang tepat untuk anda sesuai dengan segmentasi pasar di daerah pedesaan. Dan diantara jenis usaha tersebut adalah :

  • Usaha Rumahan Warung Sembako
Masyarakat manapun tidak akan lepas dari kebutuhan akan barang - barang kebutuhan pokok atau biasa disebut dengan sembako. Salah satu keuntungan bisnis di daerah pedesaan adalah peluang usaha yang masih jarang karena jauhnya dari perkotaan. Kebanyakan penduduk biasanya melakukan usaha pertanian, peternakan atau agrobisnis lain sesuai dengan kultur daerah dan demografi desa tersebut. Ini merupakan peluang bagus untuk memulai bisnis rumahan dengan cara "memotong jarak".

Daripada para penduduk harus melakukan perjalanan jauh ke kota untuk membeli barang, maka anda bisa memotong jarak tersebut dengan menawarkan barang yang di jual di kota dan anda jajakan di desa anda. Sembako dapat anda beli di pasar kota yang murah dan anda jual di desa anda. Jika anda bisa anda cari produsen dari tangan pertama sehingga barang - barangnya akan jauh lebih murah.

Namun demkian, kendala yang biasanya terjadi adalah dengan banyaknya pembeli yang menggunakan model "ngutang". Di pedesaan, model ngutang sudah lazim dan ini salah satu faktor dari kegagalan berbisnis lantaran uang modal tidak bisa berputar untuk melakukan perputaran roda bisnis rumahan.Untuk itulah anda harus lebih tegas dengan tidak melayani jenis pembelian dengan model hutang atau bisa saja model hutang namun anda harus bersiap dengan modal yang sangat besar untuk meneruskan bisnis anda.
  • Pengepul hasil pertanian
Dengan sumber daya alam yang banyak di temui di daerah pedesaan, anda bisa menjadi pengepul barang hasil pertanian masyarakat untuk kemudian anda jual di kota besar sehingga anda dapat mengambil keuntungan yang besar. 

Yang sangat penting dari praktik usaha ini adalah anda harus menemukan penampung besar atau target pasar yang mampu membeli barang yang anda tawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal meskipun jaraknya terhitung jauh. Di daerah saya, pada musim dukuh para pengepul mengumpulkan hasil panen dukuh dari masyarakat kemudian di jual di daerah Yogyakarta sementara daerah saya berada di daerah Banyumas. Menjual di daerah Yogyakarta yang notabene lumayan jauh jaraknya dari daerah Banyumas tentu dengan tujuan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi ketimbang menjualnya dalam lingkup satu kota.

Anda bisa menjual barang - barang hasil pertanian atau perkebunan di desa anda kemudian anda jual di daerah perkotaan yang nilai harganya lebih tinggi. Modalnya memang sangat besar, namun akan sepadan dengan apa yang nantinya anda dapatkan yaitu keuntungan yang besar pula.
  • Bisnis kuliner olahan hasil bumi
Hasil - hasil bumi di daerah pedesaan memberikan banyak ide bisnis terkait dengan pengolahan barang hasil bumi tersebut. Misalnya desa anda merupakan penghasil singkong, maka lakukanlah inovasi dengan membuat makanan ringan atau olahan barang dari singkong yang unik dan tentunya lezat.

Anda bisa mendapatkan resep - resep tersbut dari buku resep dan anda sedikit bereksperimen dengan melakukan inovasi pada olahan masakan anda. Lakukan promosi kepada tetangga dan jangan lupa, target pasar kota. Promosikan kepada teman kantor anda atau teman anda yang bekerja di kantoran untuk di bagikan kepada teman - taman kantor teman kita. Jika memang rasa makanan kita unik mereka pasti akan meminta kita membuat dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Usaha Sound system
Kultur masyarakat pedesaan sebenarnya hampir sama dengan masyarakat perkotaan. Di desa seringkali suatu hajatan kalo di jawa khusunya banyumas di sebut dengan "mbarang gawe", hajatan di desa belum mengenal istilah mentereng event Organizer yang biasanya sering ditemui di kota. Namun, anda bisa mencoba membuka Event Organizer kecil - kecilan dengan menyewakan Sound system untuk di gunakan pada acara - acara hajatan atau acara - cara resmi peringatan suatu hari besar nasional atau keagamaan.

Untuk memberi nilai plus, anda perlu memiliki kemampuan berbicara dan mamandu acara. Jika anda memiliki kemampuan tersebut ( meskipun tidak harus ) tentu akan mendongkrak nilai jasa anda sebagai penyedia persewaan jasa sound system.

Jika anda ingin lebih besar lagi, anda bisa menyewakan jasa sewa tarub dan alat - alat saji seperti piring, nampan, sendok dan lain - lain. Tentu dengan modal yang tidak sedikit, namun keuntungannya bisa sangat besar.

Peluang usaha rumahan di desa memiliki kecenderungan "murah meriah " jadi pintar - pintarlah dalam memilih jenis usaha dan pintar - pintarlah dalam menentukan harga. Contoh ide usaha rumahan di atas merukan contoh yang bisa anda kembangkan dengan mencari contoh ide bisnis lain yang lain yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat dan tentunya kebutuhan masyarakat.

Pedesaan merupakan daerah potensial yang bisa dikembangkan dengan berbagai jenis usaha dan bisnis mengingat masih sedikitnya bidang bisnis yang dapat dilakukan di desa. Anda bisa menjadi pionir atau pelopor kemajuan desa dengan mengembangkan berbagai jenis usaha yang belum ada di desa dan anda tawarkan ke kota, sehingga anda bisa bermanfaat untuk desa anda.

saya kira demikianlah artikel usaha rumahan yang berjudul Usaha Rumahan Yang Menguntungkan di Pedesaan yang semoga bermanfaat. Mari berdiskusi tentang bisnis untuk Indonesia dengan berkomentar di form di bawah ini. Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga anda di baikan dengan rejeki yang mudah dan banyak nan berkah. amin.


Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2013. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger