Home » » Bisnis Rumahan Laundry Kiloan Yang Menguntungkan

Bisnis Rumahan Laundry Kiloan Yang Menguntungkan

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 04 April 2014 | 22:44

Bisnis Rumahan | Bisnis meruapakan salah satu bidang kehidupan yang mengikuti perkembangan jaman dan peradaban manusia. Seiring dengan berbagai hal yang terjadi pada perputaran waktu dunia, bisnis berubah - ubah, ada yang berkembang ada yang surut. Salah satu jenis usaha yang kini sedang menanjak naik peluangnya adalah

bisnis rumahan laundry kiloan.


Pada awalnya, bisnis rumahan jenis ini hanya di peruntukkan untuk kalangan elit atas, namun kini, bisnis rumahan ini berkembang ke berbagai kalangan termasuk kalangan non elit atau masyarakat kebanyakan seperti pekerja, mahasiswa, karyawan dan lain lain.

Sebuah survey yang di lakukan oleh salah satu web www.trullyjogja.com yang di muat dalam sebuah koran harian menemukan fakta bahwa mahasiswa merupakan pemakai jasa terbesar untuk bisnis rumahan jasa laundry kiloan dengan presentase sekitar 48 %, sementara untuk Pekerja 32 %, rumah tangga 16 %, dan lain – lain sebanyak 4 %. Fakta ini menegaskan bahwa, jasa laundry sekarang ini tidak hanya untuk kalangan atas namun sudah mulai turun gunung ke kalangan bawah.

Di beberapa sudut kota bahkan desa, usaha rumahan jasa laundry telah berkembang menjadi salah satu bisnis rumahan yang sangat potensial untuk menghasilkan tambahan uang untuk dompet anda. Pada umumnya, setiap unit usaha rata - rata menerima jasa laundry dengan jumlah pakaian sekitar 40 Kg dengan keuntungan Rp. 3.000/kg, Silahkan anda hitung sendiri berapa omzet yang bisa di dapatkan tiap bulan sementara biaya operasional bulanan sangat kecil.

Jenis bisnis rumahan ini bisa kita arahkan menjadi bisnis rumahan milik sendiri atau bisnis waralaba. Untuk jenis bisnis waralaba tentu anda membutuhkan modal yang besar serta manajemen yang bagus untuk dapat mengelola bisnis waralaba, untuk itulah, bagi para pemula sangat di sarankan memulai bisnis laundry dengan skala rumahan terlebih dahulu karena selain sederhana dan mudah, modalnya pun tidak terlalu besar maksimal 10 juta.

Bagaimana cara agar sukses dalam bisnis rumahan laundry?
Ingatlah selalu kata - kata ini :
Gagal merencanakan sesuatu, berarti merencanakan untuk gagal
Perencanaan yang strategis sangat di butuhkan dalam bisnis ini, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini diantaranya 
  • PEMILIHAN LOKASI USAHA, 
Ketika anda ingin memulai suatu bisnis, maka hal pertama yang harus anda pertimbangkan setelah anda menganalisa peluang usaha adalah memilih lokasi usaha. Anda harus tahu tempat - tempat strategis untuk bisnis ini agar akan ada banyak konsumen yang memakai bisnis rumahan ini. Salah satu teman saya, memulai bisnis ayam bakar dengan modal besar, namun karena penempatan lokasi usaha yang salah maka yang terjadi adalah kebangkrutan.

Berpijak kepada pengalaman tersebut, pilihlah lokasi usaha yang strategis dengan acuan ;
1. Banyak peminat
2. Mudah di jangkau
3. Belum ada / masih sedikit saingan

  • RISET MARKETING 
Buatlah semacam survey atau riset kecil - kecilan untuk mengetahui segment pasar, analisa minat warga dalam jasa laundry, pandangan warga, dan bagaimana tanggapan warga terhadap jasa laundry. Perlu anda teliti juga mata pencaharian warga setempat agar anda bisa memperkirakan apakah usaha anda bisa di terima atau tidak.
  • LANGKAH INOVASI 
Dalam berbisnis, salah satu cara agar produk anda bisa laris adalah dengan memberi nilai plus kepada produk anda. Jangan biarkan produk anda tampil seadanya dengan keadaan yang tak jauh beda dari produk yang di tawarkan oleh pesaing anda. Carilah nilai plus, lakukan inovasi agar usaha rumahan anda bisa menjadi yang berbeda dari yang lain.
  • CARA PROMOSI 
Setelah anda siap dengan usaha rumahan anda, anda tinggal mempromosikan usaha anda dengan berbagai cara, bisa dengan menyebar brosur, atau anda menawarkan cuci gratis untuk awalan atau sistem diskon dengan hadiah dan sebagainya.

Bagaimana dengan analisa Usahanya?

Untuk bahan pertimbangan, mari kita asumsikan bahwa anda sudah siap dengan jasa laundry ini. Pekerjaan anda selanjutnya adalah mempersiapkan segala sesuatunya dan menganalisa usahanya :

Kita asumsikan harga laundy seperti di bawah ini :
1.Paket cuci+lering+setrika                                                             :Rp5.000,-/Kg
2.Paket cuci basah                                                                         :Rp3.000,-/Kg
3.Cuci kering tanpa setrika                                                             :Rp3.500,-/Kg
5.Jasa setrika                                                                                 :Rp2500,-/Kg
Pemasukan selama satu bulan    Rp. 200.000 x 30                          : Rp. 6.000.000,-
Pengeluaran :                                                                                 
Gaji pegawai                                  Rp. 1.000.000,-
Pewangi+pelembut                         Rp. 1.200.000,-
Listrik+Telpon                               Rp. 1.100.000
Lain - lain                                      Rp. 300.000

Total pengeluaran                                                                              Rp. 3.600.000,-
Keuntungan                                                                                       Rp. 2.700.000.

Lumayan bukan? sebulan anda akan mendapatkan penghasilan Rp. 2.700.000,- dengan catatan anda tidak menyewa rumah atau toko. jika anda menjadikan bisnis ini sebagai bisnis rumahan maka tentunya anda tidak memerlukan sewa tempat sehingga lebih hemat.

Demikian artikel bisnis rumahan jasa laundry yang semoga dapat menjadikan anda berwira usaha, Jika anda permintaan request silahkan kirim ke email kami di muliaberbagi@gmail.com dan temukan analisa bisnis lain di artikel bawah ini ;
Kumpulan ide bisnis 



f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger