Home » » Bisnis Rumahan Usaha Katering Yang Menguntungkan

Bisnis Rumahan Usaha Katering Yang Menguntungkan

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 01 April 2014 | 00:33

Bisnis rumahan kuliner kini berkembang cepat dengan munculnya berbagai bidang bisnis usaha makanan. Di tandai dengan menjamurnya resto, kafe, warteg, rumah makan hingga usaha katering yang nantinya akan kita bahas pada artikel Bisnis Rumahan Usaha Katering Yang Menguntungkan yang kini sedang anda baca ini.
bisnis rumahan yang menguntungkan
image src : http://usahacateringbox.blogspot.com/

Sebelum saya menjelaskan panjang lebar, mari kita simak  mengapa usaha catering dapat bertumbuh dengan cepat pada akhir - akhir ini diantaranya :
1. Perubahan Demografis
Semakin bertambah umur bumi ini, secara otomatis bertambah pula populasi manusia yang berarti bertambah pula jumlah kebutuhan makanan. Meningkatnya populasi secara langsung meningkatkan peluang dari usaha katering ini. JIka dulu, syukuran bisa hanya di hadiri oleh beberapa orang saja lantaran jumlah penduduk yang masih sedikit namun sekarang dengan jumlah kepadatan penduduk yang kian bertambah maka secara otomatis dalam mengadakan suatu acara akan mengundang lebih banyak orang.

2. Perubahan Sosial
Dengan perubahan sosial yang kini kian melaju pesat, ibu rumah tanga bukan hanya sebagai ibu dan istri namun mulai berdiri sendiri guna membantu perekonomian keluarga.

3. Perubahan Perekonomian
Dengan perubahan ekonomi yang semakin mapan, maka kebutuhan akan usaha katering semakin meningkat dengan tingkat kemampuan memakai usaha katering.

  • Macam - Macam Usaha Katering
Berdasarkan tempat dan kepentingannya, usaha katering bisa di bagi menjadi beberapa macam diantaranya :

Usaha Katering Rumah,
Usaha Rumahan Katering jenis ini biasanya merupakan pesanan dari acara - acara yang di adakan dengan skala rumahan seperti arisan keluarga, arisan ibu - ibu dengan jumlah pesanan 100 - 200 box atau porsi.

Bisnis Usaha Katering Sekolah,
Bisnis rumahan jenis ini di lakukan dengan target pasar di sekolah dengan model rantangan atau tromol.

Usaha Katering Kantor,
Pada usaha katering kantoran biasanya apabila ada syukuran di kantor entah karena suatu keberhasilan mendapatkan proyek, atau perayaan ulang tahun perusahaan untuk karyawan maupun tamu dengan jumlah pesanan bisa lebih banyak dari usaha katering rumahan

Usaha Katering Hajatan/ Acara Khusus
Katering ini biasanya di pesan untuk melayani tamu - tamu pernikahan atau acara lain seperti sunatan maupun syukuran wargaa. kateringan ini di sajikan dengan prasmanan namun terkadang dalam bentuk box makanan.

Pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki :
  • Mengetahui berbagai resep dan variasi makanan.
Sebagai salah satu usaha jasa boga, seringkali harga di tentukan oleh cita rasa dari makanan. Untuk menunjang keberhasilan usaha katering maka sangat di sarankan untuk menguasai berbagai resep dan variasi makanan agar pelanggan selalu merasakan citarasa dan sensasi baru dari makanan anda.
  • Lebih Pintar Berbelanja
Untuk menekan angka pengeluaran, anda bisa membeli barang pokok atau bahan utama dari masakan anda dengan memilih tempat atau toko dengan harga paling miring. Kalau memeng memungkinkan anda bisa mencari pengepul - pengepul besar sehingga harga bisa lebih miring sehingga anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk bahan pokok maupun bumbu dapur dan berarti keuntungan anda akan semakain besar.
  • Menguasai cara menghidangkan dan mengemas makanan
Agar lebih sempurna, anda juga harus tahu bagaimana menghidangkan makanan agar sedap di lihat dan menggugah selera. Kemudian juga perlu mengetahui tekenik pengemasan baik di tinjau dari sisi kelayakan maupun keawetan makanan yang anda jual.
  • Public Relation yang bagus
Bukalah hubungan dengan siapa saja, karena faktor keberhasilan usaha rumahan katering ada pada jaringan yang luas. Selain itu, bangunlah sebuah jaringan bisnis dengan menggaet beberapa perusahaan maupun penyedia jasa peralatan hajatan seperti peralatan masak, tarub atau sounds. 

Anda juga perlu membuka jaringan dengan saingan anda sehingga anda bisa saling bekerja sama saling mengisi jika terjadi over order atau pemesanan yang berlebih. Dengan begitu, anda akan mendapatkan keuntungan lain yaitu kekuatan bisnis anda akan semakin kuat.

Apa modal wajib anda?

Selain kemampuan memasak anda serta kamauan, anda juga harus memiliki beberapa modal diantaranya :
Alat memasak.
Dalam skala kecil antara 50 -100 box pesanan, anda masih bisa menggunakan alat - alat dapur yang biasanya bisa anda gunakan untuk memasak sehari - hari. atau dengan kata lain anda tidak usaha menanam modal tambahan untuk pengadaan alat masak.

• Dapur
Jika anda sudah mantap untuk memulai usaha bisnis ini, maka untuk skala rumahan anda harus menata ulang ruangan dapur anda agar lebih teratur sehingga mudah dan praktis ketika membuat makanan dalam jumlah yang besar. Namun, untuk skala besar, alangkah lebih baik jika anda memiliki ruangan khusus memasak karena nantinya akan ada banyaka alat yang di butuhkan untuk memasak dengan skala besar dan variasi makanan yang beragam.

• Rak 
Rak digunakan untuk menaruh dan menata bumbu - bumbu maupun alat. Khusus untuk bumbu, alangkah baiknya di beri label nama bumbu agar kita tidak tertukar dalam memakai bumbu tersebut.

• Keuangan.
Untuk modal awal anda harus memiliki minimal 60 % dari jumlah harga makanan yang di pesan. Untuk meminimalisir modal, anda bisa meminta uang muka sebagai tanda jadi serta untuk mengurangi beban modal anda.

Ketika anda bisa menjalankan usaha ini dengan lancar maka otomatias anda akan memiliki langganan daging ayam, atau bumbu. untuk itu jalinlah kerjasama yang kuat dengan penyedia barang / bahan masakan anda. Jika anda sudah rutin memesan dari salah satu peyedia, maka secara otomatis anda bisa mengajukanpembayaran tempo atau ambil barang bayar akhiran.

Trik Sukses Usaha Katering :

• Pada tahap permulaan, fokuslah sebagai penyedia makanan. Jangan memperlebar sayap dengan penyediaan alat - alat makanan.

• Miliki resep rahasia dengan cita rasa yang lain daripada yang lain. Berilah nilai plus di dalam masakan anda agar anda bisa terkenal karena masakan anda yang unik

• Selalu menjaga kebersihan dapur, baik bahan maupun alat agar tidak terjadi hal - hal yang tidak di inginkan misal makanan yang kurang enak sampai ke masalah keracunan makanan.


• Kuasai akuntansi dasar, memisahkan uang pribadi anda dengan uang usaha rumahan anda. Tulis setiap transaksi bisnis anda mulai dari kuitansi pembeian barang, penyerahan barang maupun tanda terima barang.
Jangan terburu menghabiskan keuntungan untuk memewahkan diri, gunakan untuk memperlebar sayap usaha rumahan anda.

• Setiap ada pemesanan, usahakan di tulis dan di tandangani kemudian meminta uang muka atau uang tanda jadi sebagai antisipasi pelanggan usil yang membatalkan pesanan secara sepihak.

• Perhitungkan pula biaya transportasi ketika anda melayani pemesanan di luar daerah yang membutuhkan biaya transpotasi berlebih.

• Ketika usaha anda sudah maju, boleh saja menambah tenaga  kerja dengan memakai sistem harian atau honorer.

• Jangan takut menerima pesanan dalam jumlah besar, penting bagi anda bahwa anda harus tahu bahwa anda adalah pengelola, anda bisa membeli makanan dari orang lain kemudian anda yang menghidangkan.

• Bergabunglah dengan asosiasi bisnis boga sehingga anda akan bertambah pengalaman dan otomatis anda akan mendapatkan banyak kenalan serta mengetahui trend boga atau masakan yang paling terbaru 


STRATEGI PEMASARAN

1. Mulalai promosi dari kerabat atau tetangga dekat anda, jadilah pendengar yang baik terhadap berita acara - acara tertentu dan jangan malu untuk menawarkan diri.
2. Berilah diskon harga bagi pemesan dengan jumlah tertentu atau dengan sistem bonus pesan 50 box gratis lima, namun, tetap di perkirakan untung ruginya
3. Buatlah kerjasama kepada para warga atau kenalan anda, bagi siapa saja yang bisa merekomendasikan katering anda hingga mencapai transaksi maka yang merekomendasikan di beri uang bonus.

Demikianlah artikel Bisnis Rumahan Usaha Katering Yang Menguntungkan sebagai bahan pertimbangan bisnis anda dalam menentukan keputusan bisnis anda. Anda bisa juga mendapatkan referensi usaha lain dengan lengkap di dalam artikel di bawah ini :



Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger