Home » , » Peluang Bisnis Rumahan Menjadi Penulis Gaji Besar

Peluang Bisnis Rumahan Menjadi Penulis Gaji Besar

Ditulis oleh Mulia on Minggu, 06 April 2014 | 23:19

Bisnis Rumahan Writerpreneurship merupakan jenis usaha atau bisnis yang dilakukan dengan menjadi seorang penulis baik menulis buku entah dalam bentuk komik, novel atau buku non fiksi seperti jurnal atau buku bertema pelajaran maupun menjadi penulis artikel, puisi, cerpen atau esai. Hebatnya, pekerjaan menulis bisa mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta bahkan triliunan rupiah.

Untuk memotivasi anda, ada baiknya akan saya berikan para penulis yang telah sukses dalam menjalani profesinya sebagai penulis diantaranya 


  • Andrea Hirata 
Buku pertamanya berjudul Sang Pemimpi, Buku ini merupakan buku yang "tidak sengaja" terkenal dengan kisah yang memukau hati tentang perjuangan seorang guru di sekolah yang hampir ambruk. Buku ini terjual  600.000 copy exp dengan total pendapatan Rp 3,6 miliar hanya dari satu judul saja . Jika dengan satu judul mendapatkan pendapatan sebesar itu, berapa keuntungan total yang di dapat dari judul lain seperti Maryamah Karpov, sang pemimpi, Edensor

  • Habiburahman El Sirazi
Pria lulusan mesir ini menjadi terkenal melalui bukunya yang berjudul " Ayat - ayat cinta " menghadirkan tema cinta religi, penulis ini sukses menarik hati para pembaca dengan alur ceritanya yang memukau. Buku ini terjual hingga 400.000 copy dengan total pendapatan 2,4 milyar. Terlebih dengan di angkatnya novel yang ia tulis ke layar lebar dengan bonus Rp. 150.000.000,- sangat menggiurkan bukan?

Lalu bagaimana dengan penulis dunia? 

Pada tahun 2013, posisi penulis terkaya di dunia di pegang oleh EL James dengan bukunya  “Fifty Shades of Grey”, “Fifty Shades Darker”, dan “Fifty Shades of Freed” dengan total pendapatan  Rp1,14 triliun rupiah pada tahun 2013 silam. Penghasilan ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya buku - buku yang ia tulis dan di beli oleh pembaca. 

Selain El James, mungkin anda tidak asing dengan nama JK Rowling, seorang Ibu rumah tangga yang meraup keuntungan 3,6 triliun dari bukunya yang amat terkenal yaitu Harry Potter. Dengan jumlah kekayaan yang demikian besar, JK Rowling bahkan lebih kaya daripada ratu ELisabeth sang ratu Inggris. 

Hebatnya, menjadi penulis tidak mengenal sistem saingan karena pembaca akan membeli buku apa saja dari berbagai pengarang berbeda asal buku tersebut bisa menarik minat para pembaca. Tentu, di tunjang dari segi kulitas buku tersebut. Dengan kata lain,

peluang bisnis rumahan

ini masih sangat terbuka lebar.

Kendala bagi sebagian orang adalah menulis membutuhkan ketekunan dan ketelatenan dalam merangkai kata demi kata, membahasakan sebuah cerita yang kemudian di tuangkannya dalam bentuk tulisan. Sebagian penulis yang masih pemula, faktor ketekunan ini yang paling sulit, karena kebanyakan, pada saat baru memulai menulis satu paragraf terjadi mental blocking atau bahasa modernnya hilang inspirasi. 

So, bagaimana agar kita bisa produktif menulis?
Di bawah ini akan saya berikan tips menulis yang sederhana diantaranya :

  • Mulailah Menulis Dari Apa Yang Kita Suka dan Apa Yang Kita Tahu
Agar anda tidak kesulitan dalam menulis suatu karya baik fiksi maupun nonfiksi, maka usahakan mengambil tema yang anda suka dan yang paling anda kuasai. Jika anda seorang pakar di bidang hukum maka, buatlah novel dengan tema kriminalitas yang didalamnya memiliki unsur - unsur hukum. Salah satu penulis yang sukses dengan jalur ini adalah John Grisham penulis buku best seller Pelican Brief.

Anda bisa saja menulis sebuah karya dengan tema yang tidak anda kuasai dan tidak anda sukai, namun itu akan menguras tenaga, pikiran dan waktu yang lebih. Bahkan ujung - ujungnya anda akan mengalami kebosanan sehingga anda kemudian berhenti menulis. 
  • Jangan Memaksa Diri Menjadi Orang Lain
Setiap orang memiliki gaya penulisan yang berbeda, apakah dengan banyaknya humor, ataukah penggunaan bahasa gaul atau resmi dan sebagainya. Anda tidak usah memaksa diri untuk mengikuti para penulis yang sudah terkenal karena mereka bisa terkenal sebab menulis dengan gaya menulis mereka. Jadilah diri sendiri, gunakan gaya penulisan anda sendiri dan cobalah menikmati tiap kata yang anda tulis, tiap kalimat yang anda rangkai dengan gaya kepenulisan yang anda miliki. 
  • Semakin banyak minum, semakin banyak kencing
Agar anda tidak kekurangan bahan cerita, maka perbanyaklah membaca buku agar anda semakin pandai menulis. Dari aktivitas membaca nantinya anda akan menemukan banyak inspirasi, menemukan gaya menulis yang anda miliki dan alur cerita yang anda inginkan.

Perbanyaklah ilmu, agar kulitas tulisan anda semakin baik, kosakata anda bertambah dan pengetahuan anda pun semakin lengkap. Seorang penulis artikel ilmiah tidak mungkin berasal dari seorang yang buta huruf. Perumpamaannya, semakin anda banyak meminum air, semakin banyak pula air yang anda keluarkan saat anda kencing.

Jenis karya seperti apa?

Tidak semua orang dapat menulis novel dengan jumlah halaman hingga ratusan, pun tidak semua orang bisa menulis selembar artikel dengan gaya penulisan ilmiah. Tiap orang memiliki kecenderungan untuk memiliki kemampuan di satu atau berbagai macam jenis tulisan. Bisa jadi anda lihai dalam merangkai kata yang puitis dan romantis, atau anda bisa sangat mahir dalam menceritakan suatu cerita yang panjang hasil dari imajinasi anda kemudian di bahasakan melalui kata - kata yang memikat.

Atau mungkin anda lebih suka menulis artikel dan esay yang berbau ilmiah penuh dengan nalar dan logis? Apapun itu, pilihlah sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda sendiri.

bagaimana cara mengirimkan karya saya?
Untuk penulis buku, anda bisa mengirimkan buku anda ke beberapa penerbit. Untuk puisi, artikel atau cerpen bisa anda kirim ke media cetak seprti majalah atau koran. Silahkan cari saja di google, ada banyak referensi alamat pengiriman artikel atau buku lengkap dengan alamatnya.

Saya kira, tidak ada salahnya ketika kita mencoba untuk menulis sesuatu sesuai dengan apa adanya kita. Mungkin saja, dunia kepenulisan akan menjadi bisnis rumahan yang bisa anda jalankan di rumah dengan hasil jutaan hingga ratusan juta rupiah. Berani mencoba?

Demikianlah artikel Peluang Bisnis Rumahan Menjadi Penulis Gaji Besar yang dapat saya sajikan kepada pembaca setia blog komunitas indahnya berbagi. Semoga ada manfaatnya dan salam super.


f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger