Home » » PENGERTIAN DAN JENIS INVESTASI YANG AMAN DAN MENGUNTUNGKAN

PENGERTIAN DAN JENIS INVESTASI YANG AMAN DAN MENGUNTUNGKAN

Ditulis oleh Mulia on Minggu, 23 Februari 2014 | 13:17


PENGERTIAN DAN JENIS INVESTASI YANG AMAN DAN MENGUNTUNGKAN

Pengertian Investasi sering diartikan secara singkat  penanaman modal atau pembentukan modal. Atau dengan kata lain Definisi Investasi merupakan pengeluaran  perusahaan untuk membeli atau menambah segala bentuk barang yang dibutuhkan untuk menunjang kemampuan memproduksi barang-barang dan jasa-. 

Singkatnya, anda mengeluarkan uang untuk membeli beberapa barang yang di perlukan agar usaha anda berjalan. Contoh kasus, untuk pengertian Investasi semisal anda memiliki uang 5 juta untuk usaha anda, maka uang 5 juta yang anda gunakan itulah yang disebut investasi.

Di jaman ini, investasi mulai akrab di masyarakat karena pertumbuhan kesadaran masyarakat tentang investasi, dari pada uang di tabung atau di simpan sehingga tidak produktif, maka lebih baik uang di investkan sehingga anda mendapatkan penghasilan dari uang anda.

Dalam ekonomi  ada istilah “there is no (economic) growth without investment” atau berarti tidak ada pertumbuhan ekonomi tanpa investasi. Kenapa? Karena ada beberapa alasan diantaranya :
Pertama, fungsi jangka pendek dalam pengaruhnya terhadap permintaan yang akan meningkatkan output dan lapangan kerja. 
Kedua, efeknya mengenai pembentukan kekuatan ekonmi. Investasi akan menjadikan bertambahnya berbagai hal yang dibutuhkan untuk perusahaan dalam melakukan kinerja usahanya sehingga. akan meningkatkan kemampuan produksi dan kemampuan ekonomi terus meningkat secara berkelanjutan.

Secara teoretik paling tidak ada tiga faktor utama yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan investasi yang aman dan menguntungkan
1.  Revenues (pendapatan), yaitu pendapatan atau income yang ia dapatkan dibanding dengan uang yang ia keluarkan untuk permodalan.
2.   Cost (biaya), yaitu biaya yang dibutuhkan untuk kelangsungan usahanya termasuk suku bunga dan pajak
3.  Expectations (harapan-harapan), yaitu bagaimana harapan di masa datang dari investasi-nya.

Saya akan menjelaskannya semudah mungkin agar anda lebih mudah mencernanya :
Adapun jenis jenis investasi secara umum di bagi menjadi beberapa bagian :
1.    Uang tunai dalam bentuk tabungan, reksadana, deposit dsb. Keuntungan tidak lebih besar dari 6 % pertahun namun resiko sangat kecil.
2.    Pendapatan tetap berupa surat utang, obligasi atau reksadana pendapatan tetap dengan keuntungan biasanya 10 % dan resiko cukup kecil.
3.    Saham merupakan hak kepemilikan atas suatu perusahaan. Adapun saham di bagi menjadi dua yakni
·         Saham  saham perusahaan terbuka contoh saham blue chips untuk pasar modal yangluas
·         saham perusahaan tertutup contoh usaha waralaba, atau usaha kecil rumahan
aset saham, bisa ditemui pilihannya dalam bentuk reksadana campuran, reksadana saham, dan juga saham biasa. “Risiko investasi ini tergolong cukup tinggi, namun potensi keuntungan yang diberikan bisa mencapai lebih dari persen 30 per tahun secara rata-rata
4.    Aset Fisik contohnya berbentuk emas, batu permata, dan property, keuntungan bervasiari tergantung asetnya.

Namun demikian perlu anda ketahui bahwa investasi bukan hanya sekedar berbicara keuntungan, namun juga resiko. Beberapa tahun yang lalu, Fatrial Member, sebuah perusahan investasi telah membuat para investornya merasakan kerugian hingga miliaran rupiah. Siapa yang disalahkan?
Berikut akan saya berikan tips memilih bentuk investasi diantaranya :
  • 1.      Kenalilah bentuk usaha yang akan anda berikan uang sebagai investasi. Jangan sampai karena iming iming keuntungan atau pendapatan besar tanpa perlu bekerja sehingga anda tidak memperhatikan jenis
    Pengertian Investasi
    usahanya.
  • 2.      Telitilah dahulu seberapa kuat perusahaan yang akan anda beri modal, seberapa baik tingkat kredibilitas perusahaan agar anda terhindar dari resiko investasi bodong atau anda menanam modal pada perusahaan yang luarnya kuat namun rapuh pada kenyataannya.
  • 3.      Jangan terbawa nafsu dengan memberikan modal besar jika anda belum tahu persis model investasinya serta seberapa kredibel. Mulailah dengan beberapa dari seluruh dari kemampuan investasi anda jika memang menghasilkan anda bisa menambahkan investasi anda.

Demikianlah pengertian investasi dan tips tipsnya agar anda  dapat memilih jenis investasi yang aman dan menguntungkan bagi anda. Setelah membaca artikel ini apakah anda tertarik untuk melakukan investasi? atau anda ingin mencoba bisnis rumahan modal kecil menguntungkan? klik disini
f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger