Home » » Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia yang Benar

Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia yang Benar

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 14 Februari 2014 | 03:36

Makalah merupakan bentuk sederhana dari sebuah skripsi sehingga anda di haruskan mengerti betul dalam tata cara pembuatan makalah. Makalah yang baik dapat menjadi batu loncatan awal dalam perjalanan anda nantinya sebelum menghadapi pertarungan anda dengan skripsi.

Membuat makalah yang benar tentu harus memperhatikan semua sistematika pembuatan makalah mulai dari pendahuluan sampai ke penutup makalah.

Artikel kali ini akan membahas tentang salah satu komponen dalam penyusunan makalah, yaitu bab penutup makalah. Saya akan berbagi artikel tentang contoh penutup makalah yang benar  dan sesuai dengan aturan penulisan makalah. Yang perlu diperhatikan bukanlah kata-katanya, namun polanya, sehingga anda dapat menuliskan penutup makalah dengan berbagai judul dan tema.



Adapun penutup merupakan suatu rangkuman singkat yang berisi pemahaman penulis terhadap tema yang di kaji. Berbeda dengan analisis data, penutup hanya sebatas kesimpulan dari penulis yang bersifat global. Merujuk kepada penjelasan yang dihasilkan melalui pembahasan yang kemudian dianalisa.

Hasil analisa makalah tersebut kemudian anda rangkum dalam 1 kalimat yang kemudian itulah yang nantinya disebut kesimpulan yang di tulis di penutup makalah.

Berikut contoh penutup makalah dengan tema atau judul Penggunaan Bahasa Baku dalam Jurnalistik

BAB 3

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Penggunaan Bahasa Baku dalam Junalistik ” penulis menyimpulkan bahwa bahasa dalam jurnalistik tidak di haruskan menggunakan hanya satu bahasa namun bisa juga dengan mamadukan dengan bahasa lain namun dengan penggunaan yang tepat. Bahasa Indonesia dapat di kembangkan dengan di padukan dengan bahasa melayu maupun bahasa asing yang lain dalam penerapannya di dunia jurnalistik.

3.2 Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.

Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan.

Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.

Demikian contoh penutup makalah bahasa Indonesia, tentuanya dapat Anda kembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang baik.

Semoga artikel Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia yang Benar  ini dapat bermanfaat untuk anda, untuk pembahasan lebih lengkap tentang penulisan makalah dibahas pada artikel Contoh Makalah yang Baik dan Benar
f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger