Home » » Peluang Usaha Rumahan Budidaya Gurameh

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Gurameh

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 21 November 2017 | 10:23

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Gurameh - Saat ini ada berbagai jalan yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang, Anda tidak harus bekerja di sebuah perusahaan atau menjadi seorang pegawai negeri sipil tetapi ada opsi lainnya yang bisa Anda pilih yakni dengan berwirausaha. Terdapat banyak sekali jenis usaha yang dapat Anda pilih di antaranya usaha di bidang kuliner, usaha di bidang fashion, dan berbagai jenis usaha lainnya yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Jika Anda adalah salah satu orang yang menyukai dunia binatang, maka usaha di bidang peternakan atau perikanan adalah usaha yang sangat sesuai bagi Anda. Usaha budidaya ikan gurameh dapat Anda pilih karena peluangnya masih terbuka lebar mengingat ikan gurameh merupakan ikan dengan harga yang cukup tinggi serta memiliki jumlah permintaan yang tinggi sehingga peluang Nada untuk mendapatkan keuntungan semakin besar, berikut ini akan kami ulas selengkapnya mengenai peluang usaha rumahan budidaya gurameh.

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Gurameh

1. Persiapan Kolam

Sebelum memulai usaha budidaya gurameh tentunya Anda harus menyiapkan sebuah kolam yang akan Anda gunakan, kolam terbaik yang digunakan untuk melakukan budidaya ikan gurameh adalah kolam yang terbuat dari tanah, karena ikan gurameh memiliki habitat alami di danau atau aliran air yang dasarnya adalah tanah sehingga akan lebih baik jika kolam yang digunakan adalah kolam tanah.


2. Memilih Benih

Setelah selesai dengan persiapan kolam maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih benih ikan gurameh, agar usaha budidaya ikan gurameh Anda berjalan dengan baik maka pilihlah benih ikan gurameh yang sehat dengan ditandai gerakannya yang lincah. Pemilihan benih ikan gurameh yang sehat juga akan mengurangi resiko kematian serta akan berpeluang mendapat hasil panen yang maksimal.

3. Kualitas Air

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam usaha budidaya ikan gurameh adalah memperhatikan kualitas air yang Anda gunakan untuk memelihara ikan. Ikan gurameh merupakan salah satu ikan yang sangat sensitif terhadap kualitas dan kondisi air, oleh karena itu Anda harus menjaga kualitas air yang ada agar ikan gurameh yang Anda budidayakan tidak mengalami stres.

4. Pemberian Pakan

Setelah Anda selesai dengan ketiga hal di atas maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah faktor makanan bagi ikan gurameh. Untuk menghemat biaya operasional, Anda dapat memberikan pakan berupa daun, namun untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal maka gunakanlah pelet yang mengandung protein tinggi sehingga ikan gurameh yang Anda budidayakan tumbuh besar dengan cepat.

5. Pemanenan

Masa pemanenan merupakan masa yang ditunggu - tunggu oleh pembudidaya ikan gurameh karena budidaya ikan gurameh memiliki jangka waktu yang cukup lama mulai dari penebaran benih hingga pemanenan yakni sekitar 10 bulan hingga satu tahun sehingga diperlukan ketekunan dan kesabaran untuk melakukannya, ikan gurami dengan berat 1 kg yang berisi dua ekor memiliki harga jual sekitar 50 ribu rupiah.

Salah satu usaha di bidang perikanan yang memiliki peluang untung yang besar adalah usaha budidaya ikan gurami karena memiliki harga jual yang mahal dan permintaan pasar yang tinggi.
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger