Home » » Mencari Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Mencari Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 03 November 2017 | 10:17

Mencari Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa - Bagi seorang mahasiswa terutama mereka yang harus berkuliah di luar kota sehingga jauh dari rumah dan orang tuanya biasanya sering mengalami kesulitan keuangan, mereka biasanya sudah kehabisan uang di saat bulan masih menunjukkan tanggal pertengahan padahal masih ada sisa hari yang masih cukup panjang untuk dilewati. Hal ini biasanya teradi karena sebagian besar mahasiswa belum memiliki pengelolaan uang yang baik karena baru pernah mengalami tinggal jauh dari orang tua.



Untuk mengatasi kesulitan keuangan tersebut, tentunya mereka berpikir bagaimana caranya agar dapat memiliki penghasilan sendiri karena biasanya malu untuk harus meminta uang lagi dari orang tua. Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam mencari penghasilan tambahan adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan sehingga hal ini tidak akan mengganggu waktu belajar mereka. Saat ini sudah banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, berikut ulasannya.

Mencari Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

1. Guru Privat

Salah satu usaha sampingan yang sangat cocok dilakukan oleh seorang mahasiswa adalah dengan menjadi seorang guru privat atau guru les, di sini Anda dapat menjadi guru privat secara mandiri dalam artian tidak terikat oleh suatu lembaga pendidikan apapun atau bisa juga menjadi guru les yang terikat di suatu lembaga bimbingan belajar yang tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

2. Menjadi Proofreader

Pekerjaan sampingan kedua yang bisa dipilih oleh seorang mahasiswa adalah dengan menjadi seorang proofreader yang mana bertugas untuk mengoreksi kesalahan penulisan, ejaan, dan keseragaman kosa kata yang ada pada suatu naskah penulisan atau artikel, pekerjaan ini sangat sesuai bagi Anda seorang mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa atau sastra sehingga bisa menerapkan ilmu Anda.

3. Menjadi Fotografer

Pekerjaan sampingan selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk menambah penghasilan adalah dengan menjadi seorang fotografer freelance atau fotografer komersial, Anda dapat memulai pekerjaan ini dengan menawarkan diri kepada teman ataupun kenalan untuk menjadi seorang fotografer di acara - acara yang spesial seperti pernikahan, ulang tahun, kelulusan, dan berbagai acara spesial lainnya.

4. Menjadi Operator Warnet

Salah satu pekerjaan sampingan yang paling populer dikerjakan oleh seorang mahasiswa adalah menjadi seorang operator warnet, dengan melakukan pekerjaan sampingan ini maka selain Anda mendapatkan penghasilan Anda juga akan mendapat berbagai fasilitas seperti akses internet gratis dan lain sebagainya, selain itu warnet juga banyak ditemukan di lingkungan sekitar kampus sehingga mudah mencarinya.

5. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Pekerjaan sampingan lainnya yang juga cukup populer di kalangan mahasiswa adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper suatu produk, jika Anda adalah seorang mahasiswa yang mempunyai banyak teman atau kenalan di kampus dan tidak malu berjualan maka pekerjaan ini sangat sesuai untuk Anda, selain itu untuk menjaring lebih banyak konsumen Anda juga bisa berpromosi di media sosial.

Tugas utama bagi seorang mahasiswa adalah belajar tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda mulai mencoba mencari penghasilan tambahan dengan melakukan berbagai pekerjaan sampingan yang sudah diulas di atas.

Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger