Home » » Peluang Usaha Rumahan Daur Ulang Sampah Plastik

Peluang Usaha Rumahan Daur Ulang Sampah Plastik

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 03 Oktober 2017 | 10:00

Peluang Usaha Rumahan Daur Ulang Sampah Plastik - Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah penduduk yang ada di Indonesia semakin meningkat, hal ini menyebabkan timbulnya berbagai masalah baru di antaranya adalah jumlah sampah yang juga semakin meningkat. Jika tidak ditangani dengan benar maka jumlah sampah akan semakin meningkat yang pada akhirnya menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat sehingga muncul berbagai macam penyakit yang membahayakan manusia yang tinggal di sekitarnya.



Sampah yang jumlahnya banyak ini ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam benda - benda yang berguna dan bernilai seni, hal ini disebut juga sebagai daur ulang. Kegiatan daur ulang sampah plastik ini juga dapat dijadikan sebuah peluang usaha dengan keuntungan yang cukup menggiurkan sehingga selain Anda dapat membantu pelestarian lingkungan, Anda juga akan mendapatkan uang sehingga keuntungan sosial dan pribadi sama - sama berjalan. Berikut ini akan kami ulas mengenai peluang usaha rumahan daur ulang sampah plastik.

Peluang Usaha Rumahan Daur Ulang Sampah Plastik

1. Modal Awal

Sebelum Anda terjun ke dalam usaha daur ulang sampah plastik ini tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapajumlah modal yang harus Anda keluarkan. Salah satu kelebihan dari usaha daur ulang sampah plastik adalah bahan bakunya yang harganya sangat murah karena bahan bakunya adalah berupa sampah atau limbah yang bisa Anda peroleh langsung dari para pemulung.

2. Lokasi Pengolahan Sampah Plastik

Setelah Anda mengetahui berapa modal awal yang harus Anda keluarkan maka selanjutnya langkah kedua yang harus Amda lakukan adalah menentukan lokasi pengolahan sampah - sampah plastik yang akan diolah menjadi berbagai macam barang, Anda dapat menggunakan gudang di rumah Anda jika tempatnya cukup luas dan memungkinkan untuk melakukan pengolahan sampah tersebut.

3. Mesin Pengolah Sampah Plastik

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk memulai usaha daur ulang sampah plastik adalah dengan memilih mesin pengolah sampah plastik karena dengan mesin ini maka kegiatan Anda untuk mengolah sampah menjadi lebih mudah, saat ini telah tersedia berbagai mesin pengolah sampah plastik yang tersedia di pasaran yang bisa Anda pilih mulai dari yang harganya cukup terjangkau hingga yang harganya mahal.

4. Mengetahui Jenis Sampah Plastik

Sebagai seorang pengusaha yang bergerak di bidang daur ulang sampah plastik tentunya Anda harus mengetahui jenis - jenis sampah plastik yang akan Anda olah, ada tiga jenis sampah plastik yang biasanya digunakan untuk proses daur ulang yakni plastik PE atau polyetilena, plastik NDPE atau high density polyesthylena, dan polypropilena yang dibuat dari bahan fiber glass.

5. Mengetahui Tahap Daur Ulang

Untuk dapat menjalankan usaha daur ulang sampah plastik ini tentunya Anda harus mengetahui tahapan - tahapan daur ulang sampah plastik, tahap - tahap yang harus dilakukan untuk mengolah bahan baku setengah jadi atau dikenal juga dengan biji plastik antara lain penyortiran sampah plastik, pemotongan plastik, pencucian, penggilingan, dan yang terakhir adalah pengolahan sampah plastik.

Usaha daur ulang sampah plastik merupakan salah satu peluang usaha yang hanya membutuhkan modal yang relatif kecil namun menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger