Home » » Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jahe Merah

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jahe Merah

Ditulis oleh Mulia on Jumat, 13 Oktober 2017 | 10:08

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jahe Merah - Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat bagi berbagai macam penyakit, jahe memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Jahe sering dikonsumsi dengan cara diolahmenjadi minuman tradisional yang dapat menghangatkan tubuh dan mampu mengatasi masuk angin, selain itu jahe juga sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat berbagai obat tradisional dan jamu.



Tanaman jahe sendiri memiliki jenis yang cukup banyak di antaranya jahe gajah, jahe merah, jahe putih, dan beragam jenis jahe lainnya. Dari sekian banyak jenis jahe tersebut, jahe merah termasuk salah satu jenis jahe yang memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi karena jahe merah memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jenis jahe lainnya yakni kaya akan kandungan minyak atsiri yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, berikut ini akan kami ulas mengenai peluang usaha rumahan budidaya jahe merah.

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jahe Merah

1. Modal Awal

Sebelum melakukan usaha budidaya jahe merah maka Anda perlu mengetahui dulu berapa dan apa saja modal yang harus Anda keluarkan untuk melakukan usaha budidaya jahe merah. Untuk memulai usaha budidaya jahe merah maka Anda harus mengeluarkan modal kurang lebih satu juta rupiah yang akan Anda gunakan untuk membeli bibit jahe merah, polybag, pupuk, dan alat - alat pertanian.

2. Proses Penanaman

Untuk proses penanaman jahe merah, pertama siapkan polybag berukuran 60 x 60 cm, kemudian tekuklah melebar agar mudah dalam memasukkan media tanam. Masukkanlah media tanam yang berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos, selanjutnya bibit jahe dirimpang menjadi beberapa bagian, kemudian tanamlah bibit jahe tersebut pada media tanam yang disediakan.

3. Perawatan Jahe Merah

Untuk melakukan budidaya jahe merah, Anda harus melakukan perawatan yang intensif agar hasil panen yang Anda dapatkan maksimal. Tanaman jahe merah dilakukan penyiraman dengan frekuensi 2 hingga 3 minggu sekali, penyiraman sebaiknya dilakukan dengan air yang sudah dicampur dengan pupuk organik, selain itu Anda juga dapat melakukan penyemprotan insektisida dan fungisida pada tanaman jahe merah.

4. Panen Jahe Merah

Tanaman jahe merah termasuk salah satu tanaman dengan masa panen yang cukup lama yakni sekitar 9 bulan sampai dengan 10 bulan, pemanenan dilakukan dengan merobek polybag hingga tanah keluar, setelah itu pegang batangnya dan goyangkan dengan perlahan hingga tanah yang menempel terlepas, untuk setiap polybag Anda bisa menghasilkan rimpang jahe merah sebanyak 10 kg hingga 20 kg jahe merah.

5. Pemasaran

Sekarang beralih ke pemasaran di mana pemasaran jahe merah sebenarnya tidaklah sulit karena permintaan pasar yang cukup tinggi sehingga jahe merah yang Anda panen dapat dipastikan akan laku di pasaran, untuk berjaga - jaga jika pada saat panen belum mendapatkan pembeli maka Anda juga bisa memasang iklan di internet atau media lainnya sekitar satu bulan sebelum masa panen.

Jika Anda tertarik dengan usaha agribisnis maka usaha budidaya jahe merah dapat Anda pilih karena peluang dri usaha ini masih terbuka dengan lebar sehingga potensi Anda untuk meraih keuntungan juga semakin meningkat.
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger