Home » » Peluang Usaha Rumahan Bimbel Buat Mahasiswa

Peluang Usaha Rumahan Bimbel Buat Mahasiswa

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 12 September 2017 | 06:59

Jika Anda adalah seorang mahasiswa, tentunya Anda pernah memiliki keinginan untuk mencari tambahan uang saku agar Anda tidak selalu bergantung kepada uang yang dikirim oleh orang tua. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa untuk mencari tambahan uang saku adalah dengan mencoba berwirausaha, ada banyak jenis usaha yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa tanpa harus mengganggu kegiatan belajarnya yang ada di kampus.



Jenis usaha yang sangat sesuai untuk dijalankan oleh seorang mahasiswa adalah dengan membuka usaha bimbingan belajar yang mana jenis usaha ini memiliki peluang yang besar untuk dapat meraih keuntungan yang cukup menggiurkan. Saat ini banyak sekali orang tua yang mengirimkan anaknya untuk masuk ke dalam lembaga bimbingan belajar atau paling tidak mencari seorang guru privat untuk anak mereka dengan tujuan agar anak mereka mendapat nilai yang baik, berikut ini akan kami ulas mengenai usaha rumahan bimbingan belajar.

Peluang Usaha Rumahan Bimbel Buat Mahasiswa

1. Persiapan Tempat

Sebelum Anda menjalankan usaha bimbingan belajar, maka sebelumnya Anda harus menyediakan sebuah tempat yang akan Anda gunakan sebagai tempat bimbingan belajar, untuk mengurangi biaya modal yang harus dikeluarkan maka Anda dapat menggunakan salah satu ruang yang ada di rumah Anda untuk digunakan sebagai ruang kelas, misalnya adalah ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Persiapan Alat

Setelah Anda menyiapkan sebuah ruangan yang akan Anda gunakan untuk ruang kelas maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat - alat yang akan Anda pakai untuk mengajar anak - anak, di antaranya papan tulis, spidol, meja, kursi, dan buku. Jika perlu Anda juga dapat menyediakan alat bantu lainnya yang akan Anda gunakan untuk mengajar misalnya adalah laptop.

3. Sumber Daya Manusia

Setelah Anda selesai menyiapkan tempat dan alat - alat yang akan digunakan untuk memulai usaha bimbingan belajar, maka selanjutnya adalah pelaksanaan. Pelaksanan di sini berarti juga termasuk mencari tahu apakah sumber daya manusia yang digunakan sudah mencukupi atau belum, jika merasa Anda sendiri sudah cukup untuk dapat mengatasinya maka Anda tidak perlu merekrut orang lain.

4. Pemasaran

Setelah selesai dengan keempat hal di atas maka Anda selanjutnya harus melakukan kegiatan pemasaran yakni melakukan promosi ke sekolah - sekolah yang ada di kota Anda, selain Anda dapat melakuakan promosi secara langsung dengan membagikan brosur ke sekolah - sekolah dan presentasi di depan kelas, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi.

5. Evaluasi

Jika usaha yang bimbingan belajar Anda sudah berjalan maka selanjutnya Anda perlu melakukan evaluasi terhadap usaha bimbingan belajar Anda ini, apakah usaha tersebut sudah berjalan dengan lancar atau malah mengalami kemunduran, jika mengalami kemunduran maka Anda harus mengidentifikasi masalah apa yang menjadi hambatan bagi usaha Anda ini dan mencari bagaimana solusi yang bisa Anda lakukan.

Sebagai seorang mahasiswa maka Anda adalah termasuk kaum yang terpelajar sehingga usaha yang sangat sesuai untuk Anda lakukan adalah usaha bimbingan belajar seperti sudah dijelaskan di atas.
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger