Home » » Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Ditulis oleh Mulia on Rabu, 30 Agustus 2017 | 06:42

Sekolah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menimba ilmu di mana ada banyak siswa yang hadir setiap harinya untuk mengikuti pelajaran. Dari sini kita akan menangkap bahwa sekolah selalu ramai dikunjungi oleh para siswa setiap harinya, bahkan tidak hanya para siswa tetapi juga para guru dan karyawan dari pagi hingga sore hari.
Bagi Anda yang memiliki naluri usaha yang tajam tentunya hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menggiurkan.


Salah satu peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan yang besar bagi Anda adalah dengan membuka usaha kantin sekolah, usaha ini masuk dalam kategori usaha di bidang kuliner. Jenis usaha ini merupakan jenis usaha yang bisa dikatakan tidak ada matinya karena pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, termasuk para siswa yang ada di sekolah tersebut. Sebagian sekolah ada yang melarang para siswanya untuk jajan di luar sekolah sehingga ini akan membuat usaha kantin sangat menjanjikan.
Berikut ulasan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membuka usaha kantin sekolah dan tipsnya.

Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

1. Jumlah Siswa

Tips pertama untuk membuka usaha kantin sekolah adalah dengan menghitung jumlah siswa yang ada di sekolah di mana Anda akan memulai usaha kantin tersebut, semakin banyak jumlah siswa yang ada pada sekolah tersebut tentunya akan semakin besar pula peluang Anda untuk mendapat keuntungan yang berlimpah begitu pula sebaliknya semakin sedikit jumlah siswa maka keuntungan yang Anda dapat menjadi sedikit.

2. Tingkat Sekolah

Tips kedua yang dapat kami berikan untuk membuka usaha kantin sekolah adalah dengan melihat tingkat sekolah yang akan dijadikan sebagai lokasi Anda menjalankan usaha kantin tersebut, misalnya SD, SMP, atau SMA. Semakin tinggi tingkat sekolah yang akan Anda jadikan lokasi usaha kantin maka semakin besar peluang keuntungan yang didapat, karena tentu saja daya beli siswa SMA tentunya lebih besar daripada siswa SD.

3. Perhatikan Kompetitor

Tips selanjutnya untuk memulai usaha kantin sekolah adalah dengan memperhatikan kompetitor karena sering kali di beberapa sekolah terdapat lebih dari satu kantin sehingga agar kantin Anda banyak dikunjungi oleh para siswa maka Anda harus mengetahui apa saja produk yang dijual oleh kompetitor dan berapa harganya sehingga kantin yang Anda miliki dapat menyesuaikan dengan kompetitor.

4. Harga Sewa

Tips keempat yang dapat kami berikan kepada Anda untuk memulai usaha kantin sekolah adalah dengan memperhatikan harga sewa yang harus Anda bayarkan kepada pihak sekolah karena hal ini akan menentukan berapa besar modal yang harus Anda keluarkan serta berapa keuntungan yang akan didapat, perhatikan pula apakah Anda juga dikenakan biaya lainnya seperti biaya listrik dan biaya air atau tidak.

5. Faktor Keamanan

Tips kelima sekaligus terkhir yang dapat kami berikan kepada Anda dalam membuka usaha kantin sekolah adalah dengan memperhatikan faktor keamanan lokasi karena walaupun berada di dalam lingkungan sekolah namun Anda harus tetap berjaga - jaga apabila terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, perhatikan apakah lokasi kantin Anda terbuka atau tertutup karena jika tertutup maka akan lebih aman dari pencurian.

Salah satu jenis usaha yang memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang menggiurkan adalah dengan membuka usaha kantin sekolah yang mana telah kami ulas pada artikel di atas. Semoga Bermanfaat

Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger