Home » » Perhatikan Isi Bab Berikut Saat Menyusun Makalah Ekonomi/ Supply Demand

Perhatikan Isi Bab Berikut Saat Menyusun Makalah Ekonomi/ Supply Demand

Ditulis oleh Mulia on Rabu, 16 Maret 2016 | 16:55

Contoh makalah ekonomi/supply demand yang disusun berdasarkan fakta yang ada di masyarakat. 

Ketika akan mengkaji suatu kasus ekonomi perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar makalah yang dibuat dapat menjadi pertimbangan orang-orang yang terlibat didalamnya untuk menemukan jalan keluar yang sesuai dengan permasalahan penawaran dan permintaan barang.


Latar belakang

Sebuah makalah ekonomi, khususnya yang berhubungan dengan besaran angka penawaran dan permintaan perlu memberikan latar belakang secara teoritis maupun kajian kasus mengapa angka penawaran dan permintaan sebuah produk bisa berbeda. 

Latar belakang dalam sebuah makalah juga harus disertai dengan tujuan yang ingin dicapai atau ingin diberi kesimpulannya melalui makalah tersebut.

Panduan teori

Teori diberikan sebagai dasar pembahasan tentang pentingnya penawaran dan permintaan dalam sebuah traksaksi ekonomi. 

Hal tersebut juga meberikan gambaran akan apa saja yang harus dibahas dalam sebuah pembahasan makalah terkait studi kasus yang diberikan.

Cara kerja

Cara kerja yang berlangsung dalam masyarakat tentang elektibilitas nilai permintan dan penawaran yang selalu berubah-ubah juga akan menjadi pertimbangan untuk memberikan pembahasan sebelum penarikan kesimpulan.  

Pembahasan

Poin yang dibahas dalam sebuah pembahasan makalah ekonomi terkait hubungan permintaan dan penawaran umumnya akan terkait hal-hal berikut:

-     Keseimbangan permintaan dan penawaran

Dalam sebuah kegiatan ekonomi ada saat dimana nilai penawaran akan bertemu pada satu titik dengan nilai permintaan yang menunjukkan komoditas barang yang diperjualbelikan atau ditawarkan di pasaran memenuhi jumlah permintaan yang diajukan masyarakat. Keseimbangan nilai antara keduanya biasanya akan emnajdi tolok ukur dlam keseimbangan ekonomi tanpa adanya inflasi.

-     Perubahan keseimbangan pasar

Peristiwa ini perlu dibahas dalam sebuah pembahasan makalah terutama terkait angka penawaran dan permintaan yang tidak seimbang dan mungkin terjadi ketika jumlah barang yang ditawarkan tidak memenuhi kuota permintaan yang diberikan.

-     Pergeseran kurva penawaran dan permintaan

Pergeseran titik kurva pernawaan dan permintaan dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari teknik produksi yang digunakan untuk membuat suatu barang, jumlah sumber daya masyarakat yang membantu terlaksananya produksi, hingga kebijaksanaan pemerintah terkait produksi. Struktur ekonomi geografi dari masyarakat dan penguasaan teknologi oleh masyarakat juga akan mendukung pergeseran kurva penawaran dan permintaan.

Kesimpulan

Penarikan kesimpulan merupakan hasil akhir dalam sebuah penyusunan makalah sebelum diambil saran dan tindakan yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi. 

Sebuah kesimpulan  harus diambil secara obyektif agar jalan keluar untuk mengatasi sebuah masalah yang terjadi sesuai dengan faktor-faktor yang telah dibahas sebelumnya dalam pembahasan. 

Setelah penarikan kesimpulan yang dituliskan dalam makalah, Anda juga perlu memahami apakah pelaksanaan kesimpulan yang tertulis akan sesuai dengan kondisi yang terjadi ataukah tidak sehingga Anda dapat memberikan evaluasi akhir. 

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka contoh makalah ekonomi/supply demand yang Anda buat akan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan banyak pihak secara benar.
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger