Home » , » Tips Memulai Usaha Perikanan Keramba

Tips Memulai Usaha Perikanan Keramba

Ditulis oleh Mulia on Rabu, 03 Februari 2016 | 09:03

Perikanan keramba adalah salah satu model perikanan yang sangat berkembang saat ini. Banyak pengusaha yang memanfaatkan lahan yang memang bisa mengembangkan usaha perikanan. 

Perikanan keramba adalah model perikanan apung yang memanfatkan aliran air dari waduk, laut atau sungai. Keramba dibuat dari bahan bambu sehingga sangat ramah terhadap lingkungan air di sekitarnya. 

Keramba yang terbuat dari bahan bambu akan dilengkapi dengan pelampung yang terbuat dari paralon atau drum sehingga pemiliknya tidak perlu khawatir keramba akan terbawa arus air. 

keramba


Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai usaha keramba ikan.

Tentukan Luas Media Keramba

Untuk menentukan luas keramba yang akan dibangun maka Anda bisa menentukan ukuran dari tinggi permukaan air yang bisa dimanfaatkan. Biasanya usaha ini bersama dalam satu kelompok. Anda bisa memanfaatkan lahan permukaan air yang sempit atau luas sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 

Model keramba dan luas media harus di sesuiakan dengan jumlah bibit ikan yang akan ditebar.

Tentukan Waktu Penebaran Benih

Persiapan benih menjadi langkah yang sangat menentukan kesuksesan usaha keramba ikan. 
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis benih yang sesuai dengan media perairan. Misalnya untuk waduk maka lebih sering memakai jenis ikan nila, mujaer,bawal dan jenis ikan tawar lain. 

Setelah itu sesuaikan dengan model adaptasi ikan dengan lingkungan. Hindari memilih waktu yang tidak tepat karena bisa menyebabkan kematian benih. 

Waktu terbaik untuk menebar benih adalah pada pagi hari karena suhu air yang masih netral dan sesuai dengan lingkungan baru benih.

Proses Budidaya Keramba Ikan

Proses untuk menjalankan keramba ikan memang tidak mudah. Pemeliharaan harus tergantung dengan jenis ikan dan bagaimana ikan akan bertahan hingga ukuran tertentu di keramba. 

Pengelolaan penting yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Tentukan waktu tepat untuk memberikan pakan ikan. Waktu memiliki peran yang penting untuk perkembangan ikan terutama untuk mengatasi masalah ikan yang mati karena pakan.
  • Antisipasi saat ada penyakit juga sangat penting. Resiko penyakit memang lebih tinggi karena ikan yang Anda kembangkan hidup dilingkungan yang terbuka dimana sumber penyakit bisa mudah menular dengan cepat. Lakukan beberapa cara untuk mencegah semua bibit dan ikan terkena penyakit dengan pencegahan alami.
  • Bagaimana waktu tumbuh yang dibutuhkan oleh ikan. Anda harus menentukan kapan ukuran ikan bisa dipanen dan benar-benar bisa sesuai dengan target panen. Sesuaikan dengan jumlah pakan dan harga yang sesuai sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Masa panen memang menjadi masa yang ditunggu oleh semua peternak. Namun Anda harus memperhitungkan kapan waktu yang paling tepat untuk memanen semua ikan. 

Waktu panen terbaik sebaiknya dilakukan pada siang hari atau sore hari. Hindari ikan stres karena bisa menyebabkan masalah yang baru untuk ikan yang belum dipanen.

Usaha perikanan saat ini masih sangat terbuka lebar kesempatan untuk terus berkembang. Usaha Perikanan Keramba salah satu yang patut dicoba baik sebagai usaha sampingan maupun usaha rumahan. 

Selamat mencoba. Salam sukses!
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger