Home » , » Hal-Hal Yang Harus Ada dalam sebuah Contoh Makalah Bisnis / Bisnis Rumahan

Hal-Hal Yang Harus Ada dalam sebuah Contoh Makalah Bisnis / Bisnis Rumahan

Ditulis oleh Mulia on Senin, 15 Februari 2016 | 06:22

Dalam pengembangan bisnis usaha, baik skala bisnis rumahan, start up, atau menengah ke atas. Kita pasti memerlukan partner bisnis untuk bekerjasama. Baik dari segi modal, proses produksi, pemasaran, dan lain sebagainya. Untuk menjalin kerjasama tersebut, terkadang perlu membuat makalah atau proposal untuk calon partner usaha tersebut.

Proposal atau makalah bisnis/bisnis rumahan yang akan disusun ketika ingin mengajukan sebuah kerjasama atau presentasi sebuah prospek bisnis sebaiknya memenuhi poin-poin penjelasan akan beberapa hal berikut, sehingga konsumen atau rekan bisnis sasaran Anda mampu memahami tujuan yang diinginkan terkait bisnis yang sedang dirintis.


Executive Summary

Dapat berupa gambaran secara garis besar mengenai isi dari keseluruhan makalah. Merupakan kata-kata singkat yang memberi gambaran umum tentang makalah.

Pendahuluan Makalah

Ketika Anda berbicara tentang komponen pendahuluan dalam sebuah makalah, maka Anda juga harus menjelaskan latar belakang dari bisnis yang akan dijalankan dan berapa banyak orang yang terlibat didalamnya.

Selain itu, Anda juga wajib menjelaskan apa visi dan misi yang ingin dicapai ketika memiliki bisnis rumahan dan hal tersebut harus dipertegas ketika Anda membutuhkan donatur atau investor dari luar sebagai penyuntik dana. 

Meski demikian, ada beberapa hal lain yang juga perlu disertakan dalam sebuah pendahuluan makalah yaitu, sistem ekonomi yang mendukung jalannya bisnis, bentuk organisasi dari bisnis yang akan dijalankan, perencanaan akan produksi, serta hipotesis untuk hasil produksi yang akan diraih.

Teori Pendukung atau Tinjuan Pustaka

Tinjuan pustaka yang Anda sertakan dalam contoh makalah bisnis/bisnis rumahan disini adalah teori tentang bisnis yang akan Anda jalankan sekaligus perkiraan lingkungan bisnis yang Anda temui. 

Anda juga dapat menyertakan teori yang berhubungan dengan cara kerja yang akan diterapkan dalam bisnis Anda sehingga ketika ada permasalahan yang terjadi di lapangan terkait masalah produksi, 

Anda memiliki pedoman teori untuk mengatasinya sekaligus menjelaskan kepada pihak yang akan bekerjasama dengan Anda secaa tertulis dan terstruktur.

Cara Kerja

Dalam sebuah makalah bisnis, poin yang wajib disertakan adalah cara kerja yang akan diterapkan dalam bisnis rumahan yang akan dijalankan. 

Mulai dari cara sederhana terkait perhitungan modal, perhitungan pengeluaran, serta perhitungan keuntungan yang mungkin diraih dalam setiap periode. 

Hal tersebut dilanjutkan dengan cara kerja seperti apa yang akan diterapkan oleh produsen untuk menarik konsumennya, ketika sang produsen ingin mengajukan kerjasama dengan pihak lain. 

Apakah sistem yang digunakan adalah sistem tender atau mengajak kerjasama beberapa pihak dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan antar kedua belah pihak. 

Pembahasan

Isi makalah dalam pembahasan umumnya akan mencantumkan perkiraan hambatan yang sedang dihadapi oleh pihak pemberi kerjasama ataupun hambatan yang mungkin akan dialami oleh pihak konsumen yang ditawari kerjasama ketika standar operasional prosedur (SOP) yang disusun berjalan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dilapangan. 

Sehingga nantinya akan diberikan berbagai pilihan atau alternatif pemecahan masalah yang memungkinkan kegiatan produksi berjalan lancar. 

Kesimpulan

Setelah melakukan pembahasan mendetail, umumnya akan diberikan kesimpulan yang dianggap menjadi ringkasan dari seluruh poin yang ada dalam makalah. 


Semoga bahasan diatas akan membantu Anda yang ingin menyusun sebuah contoh makalah bisnis/bisnis rumahan.
f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger