Home » » Menyusun Teks Pidato Peringatan Hari Pahlawan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Menyusun Teks Pidato Peringatan Hari Pahlawan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 03 November 2015 | 19:46

Perjuangan para pahlawan di negara Indonesia memang sangat besar. Bangsa ini adalah bangsa yang besar dan menghargai semua jasa para pahlawan. Karena itulah Indonesia menetapkan sebuah hari khusus sebagai hari untuk menghormati semua jasa pahlawan yaitu hari pahlawan pada tanggal 10 November. 
Pahlawan Indonesia

Peringatan ini sering diisi dengan berbagai jenis acara mulai dari acara yang bertema kepahlawanan hingga acara yang mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan. 

Selain itu peringatan dengan upacara juga menjadi salah satu peringatan yang wajib diadakan untuk semua instansi swasta dan negeri. Pidato juga bisa sangat kreatif, yaitu dengan membuat pidato berbahasa Inggris. Menyusun pidato dengan bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan menyusun pidato dalam bahasa Indonesia. 

Berikut ini beberapa langkah menyusun pidato Peringatan Hari Pahlawan yang bisa Anda ikuti:

  1. Ucapan Salam untuk Peserta Upacara
    Ucapan salam wajib diberikan untuk semua peserta upacara. Anda bisa menyusun ucapan salam dan hormat untuk semua orang dari mulai yang tertinggi hingga yang sederajat. Misalnya jika Anda berpidato di sekolah maka kata salam dan sapaan yang pertama untuk Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan semua rekan sekolah Anda.

    Setelah itu jangan lupa untuk memberikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Pada paragraf selanjutnya maka berikan sebuah pengingat untuk mengenang semua jasa para pahlawan di negeri ini. Anda bisa mencontohkan perjuangan Jendral Sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan atau pahlawan lain. Sebutkan perjuangan secara khusus sehingga pidato Anda menjadi lebih menarik.

  2. Isi Pidato
    Isi pidato bisa dibuat dengan beberapa penjabaran mengenai situasi yang berlangsung saat ini. Misalnya, bagaimana pelajar menghabiskan waktu untuk belajar, pekerja sesuai bidangnya mengembangkan ilmu pengetahuan dan menghasilkan jasa-jasa untuk negara. Beberapa kalimat yang sangat identik dengan isi pidato ini misalnya adalah:

    “Kewajiban kita sebagai pelajar adalah dengan meneruskan semua perjuangan para pahlawa yang sudah berjuang untuk negeri ini. Kita bisa belajar dengan tekun untuk menggapai cita-cita. Kita bisa mengisi negeri ini dengan berbagai bidang seperti bidang pertanian, ilmu pengetahuan, kesehatan, keuangan dan bidang lainnya. Masih banyak hal yang harus diperjuangkan, meskipun kita tidak disebut sebagai pahlawan”.

  3. Penutupan
    Penutupan untuk pidato tentang hari pahlawan adalah dengan memberikan sebuah penyemangat untuk semua orang yang hadir dalam acara tersebut.
    Beberapa kalimat penyemangat yang paling sering terdengar adalah:

    “ Marilah kita teruskan perjuangan para pahlawan untuk mengisi negeri ini dengan prestasi yang membanggakan. Kita wajib mengisi negeri ini dengan prestasi yang bisa diakui oleh dunia internasional, karena kita bangsa yang besar dan maju”.
Jadi ada berbagai variasi yang bisa dilakukan untuk membuat teks pidato peringatan Hari Pahlawan baik itu berbahasa Inggris maupun Indonesia. Pada dasarnya langkah pidato ini sama dengan jenis pidato dengan tema lain baik itu berbahasa Inggris maupun Indonesia.

Yang perlu diperhatikan tentunya susunan dan tema yang diangkat juga harus berhubungan dengan peringatan hari pahlawan.

Selain teks pidato yang baik, gesture tubuh dan cara menyampaikan juga perlu diperhatikan. Usahakan menyampaikan dengan tegas dan jelas, agar semangat juang pahlawan yang berkobar-kobar kembali mengingatkan kita akan pentingnya perjuangan.

Akhir kata semoga tulisan ini dapat memberi sedikit gambaran untuk menyusun pidato Peringatan Hari Pahlawan.

 Merdeka!!
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2013. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger