Home » » Memanfaatkan Peluang Bisnis Ternak Sapi

Memanfaatkan Peluang Bisnis Ternak Sapi

Ditulis oleh Mulia on Kamis, 05 November 2015 | 08:30

Sapi menjadi salah satu komoditas ternak yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Bahkan negara ini pernah melakukan sebuah kerjasama dengan Australia untuk mendapatkan sapi-sapi impor yang siap dimanfaatkan dagingnya. Sapi menjadi salah satu sumber makanan yang mungkin tidak bisa ditinggalkan dari masyarakat kita.


sapi ternak

Dengan peluang ini maka kita bisa memanfaatkan sebuah peluang yang bisa mendatangkan keuntungan. Ternak sapi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan ekononomi.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk memulai usaha ternak sapi.

Tentukan Jenis Sapi

Pada dasarnya ada berbagai jenis sapi yang bisa kita pilih untuk diternakkan. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki jenis sapi yang berbeda. Untuk memilih jenis sapi yang akan diternakkan maka Anda bisa memulai dengan mengenal karakter sapi. 

Berikut ini jenis sapi yang bisa Anda pilih:

  • Sapi Bali adalah jenis sapi yang memiliki warna putih dengan garis hitam pada beberapa bagian badannya. Sapi ini sangat sesuai untuk usaha penggemukan sapi karena bisa cepat besar dan mudah menyesuaikan terhadap lingkungan.

  • Sapi Ongol adalah jenis sapi besar dengan warna putih, memiliki bentuk punuk yang sangat besar.  Sapi ini juga mudah diternakkan dan tidak sulit untuk dikembangkan.

  • Sapi Brahman adalah jenis sapi dengan warna coklat dan kepala putih. Sapi ini sangat mudah tumbuh dan jenis sapi yang  paling berkembang di Indonesia.

  • Sapi Madura adalah jenis sapi yang memiliki warna kuning dengan mulut berwarna putih. Sapi ini kurang sesuai untuk ternak karena memiliki masa pertumbuhan yang sangat lambat.

Lakukan Pemilihan Bibit Sapi

Untuk memilih jenis sapi yang akan diternak, maka Anda bisa mempertimbangkan berbagai hal. Langkah pertama adalah pilih jenis sapi yang akan mengisi peternakan Anda. 

Setelah itu tentukan jenis sapi, apakah sapi jantan atau sapi betina. Jika Anda ingin usaha sapi perkembangbiasakan maka pilih sapi betina, tapi jika untuk penggemukan maka pilih sapi jantan.

Faktor Peternakan

Beberapa hal penting lain yang harus Anda analisa adalah tentang cara beternak. Berikut ini poin penting yang harus Anda rencanakan dengan baik.

  1. Bagaimana sistem kandang yang akan dibuat. Apakah Anda ingin membuat kandang khusus untuk sapi yang tidak memberikan ruang gerak atau jenis sapi liar yang bisa di ternak dengan model tanah lapangan.
  2. Jenis pakan apa yang akan Anda berikan untuk sapi. Apakah Anda ingin memberikan pakan murni berupa rumput atau jenis pakan jadi dan pakah olahan yang banyak memakai berbagai jenis tambahan.

Dengan beberapa langkah analisa tersebut, maka Anda bisa menyesuaikan peluang yang memang diciptakan dari peternakan sapi. Selain itu pertimbangkan dengan kesediaan modal dan model ternak yang bisa dikembangkan.

Semoga tulisan ini dapat sedikit memberi gambaran untuk anda yang tertarik beternak sapi.

Selamat beternak..
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger