Home » , » Unsur Penting dalam Pidato Kemerdekaan Berbahasa Inggris

Unsur Penting dalam Pidato Kemerdekaan Berbahasa Inggris

Ditulis oleh Mulia on Selasa, 06 Oktober 2015 | 11:24

Momen penting kemerdekaan memang tidak bisa dilewatkan oleh semua orang. Melakukan berbagai acara yang  berhubungan dengan kemerdekaan diadakan di semua kalangan, mulai dari anak sekolah, aparat pemerintahan hingga semua elemen yang berada di dalam dan luar negeri. 

Selain itu momen kemerdekaan sudah pasti dihormati dengan sebuah upacara kemerdekaan di semua tempat di seluruh pelosok negeri. 
Bagian yang sangat khas dari upacara kemerdekaan adalah sebuah pidato kemerdekaan yang bisa membangkitkan semua semangat peserta upacara. Bahkan ada beberapa pidato yang sengaja dilakukan dalam bahasa Inggris. 


Upacara Pidato Kemerdekaan
Upacara Kemerdekaan

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh ditinggalkan dalam pidato berbahasa Inggris untuk memperingati kemerdekaan.

Pembukaan

Pembukaan berisi sapaan untuk semua peserta atau tamu yang hadir dalam peringatan kemerdekaan. Selain itu ucapan syukur juga selalu menjadi kalimat wajib yang menjadi pembuka pidato. Ada beberapa kalimat yang sangat khas dalam pidato seperti

“Salam sejahtera, syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugerah dan nikmatnya kita masih bisa bertemu untuk merayakan kemerdekaan.”

“Kemerdekaan yang sudah kita dapatkan memang tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Ada peran para pahlawan bangsa yang tidak bisa kita lupakan dan kita harus bersemangat untuk mengenang semua jasa para pahlawan”

“Negara ini adalah negara yang sudah merdeka dari semua penjajah yang pernah membuat kehidupan para pendahulu kita menjadi sangat menderita. Karena itu, jangan pernah kita melupakan bagaimana perjuangan negara ini dalam mencapai kemerdekaan”

Isi Pidato

Isi pidato harus berhubungan dengan tema kemerdekaan yang diangkat dalam sebuah acara. Biasanya tema tertentu seperti mempertahankan nasionalisme atau gerakan membangkitkan kemerdekaan banyak dipilih oleh berbagai lembaga. Anda bisa membuat isi pidato yang berhubungan dengan tema yang sudah dibuat sehingga pidato Anda berhubungan dengan isi perayaan kemerdekaan. Misalnya adalah sebagai berikut.

“Para pemuda dan pemudi Indonesia, untuk menghormati semua perjuangan kemerdekaan negeri ini, marilah kita senantiasa menjunjung budaya. Banyak hal yang bisa kita lakukan seperti mengembangkan dan terus mempertahankan budaya negara. Jangan pernah kalah dengan pelajar asing yang berusaha belajar dan mengerti budaya kita, sementara kita sangat suka dengan kebudayaan negara lain. Langkah untuk mengisi kemerdekaan bukan untuk berperang lagi, dan sekarang saatnya berperang melawan penjajahan yang sama sekali tidak terlihat”

Penutup

Sebagai penutup maka Anda bisa memberikan sebuah ungkapan atau berupa peribahasa yang bisa membangkitkan semangat juang semua undangan yang hadir dalam perayaan tersebut. Anda bisa memilih jenis ungkapan yang paling sering digunakan dalam pidato seperti pidato presiden Soekarno. Kalimat penutup dalam pidato bahasa Inggris bisa diambil dengan inspirasi seperti pidato dalam bahasa Indonesia.

Jadi beberapa langkah dalam menyusun naskah pidato kemerdekaan dalam bahasa Inggris juga sama seperti menyusun pidato dalam bahasa Indonesia. Pidato harus berisi beberapa unsur penting seperti pembukaan, isi pidato dan juga penutupan.
f
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger