Home » » Inspirasi Bisnis Rumahan dari RA Kartini

Inspirasi Bisnis Rumahan dari RA Kartini

Ditulis oleh Mulia on Senin, 21 April 2014 | 01:17

Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879 dan wafat di Rembang, Jawa tengah pada tanggal 17 september 1904, pada usia 25 tahun. Beliau merupakan seorang pahlawan nasional yang dikenal karena jasa–jasanya dalam memperjuangkan hak–hak kaum wanita. Karena jasa–jasanya tersebut, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, presiden Soekarno menetapkan R.A. Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April sebagai hari peringatan yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Raden Ajeng Kartini, salah satu pahlawan bangsa yang patut kita teladani. Cita-cita dan ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaumnya untuk lepas dari kebodohan. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, dia mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi. Dan bagi wanita Indonesia masa kini, berkat perjuangan itu kini kaum wanita di negeri ini telah menikmati apa yang disebut persamaan hak tersebut.

Semangat itulah yang patut kita teladani dari seorang Kartini.

Seorang Ibu rumah tangga pun dapat setara dengan para laki-laki, sang suami. Kenapa tidak seorang ibu rumah tangga ikut mencari nafkah sebagai tambahan pemasukan bagi keluarga.

Bahkan Ibu rumah tangga punya potensi yang besar untuk mengelola bisnis rumahan, karena disela-sela waktu luangnya mengurus rumah dan keluarga, dapat menjalankan bisnis rumahan yang bermanfaat.

Apa saja bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga? kami pernah membahas jenis-jenis bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga disini. Pada intinya bisnis rumahan yang dikembangkan sebaiknya sesuai dengan hobi dan kemampuan yang dimiliki, sehingga untuk menjalankannya dijalankan dengan penuh keikhlasan dan suka cita.

contohnya hobi memasak, dapat dikembangkan menjadi bisnis katering, atau membuat kue-kue, biasanya permintaan akan kue-kue ini melonjak menjelang hari raya.

contoh lain hobi menulis, dapat disalurkan dengan menulis di blog, atau bahkan dapat menulis buku.

contoh lain hobi berbelanja, atau hobi koleksi baju, jilbab, kosmetika, dll. Apa salahnya jika koleksi itu dikembangkan menjadi sebuah bisnis rumahan jual beli secara online.

contoh lain dapat anda gali sendiri dari kebiasaan dan hobi anda, juga dapat dilihat dari demand atau kebutuhan masyarakat disekitar tempattinggal anda.

Apalagi di zaman internet dan social media ini, pemasaran sudah bukan hal yang sulit. Membuat kue dapat dipasarkan memalui blog contohnya blog milik mba cinta ini. Bisnis jual beli pakaian juga dapat dijalankan secara online, melalui forum-forum seperti kaskus, atau situs jual beli lain, dapat juga melalui media media social facebook, twitter, instagram, dll.

Ada banyak kisah inspiratif dari kartini-kartini masa kini yang sukses menjalankan bisnis rumahan, simak kisah inspiratifnya disini.

Akhir kata, dengan menyambut hari Kartini ini, mari perkuat semangat wanita-wanita Indonesia untuk terus maju dan berkarya. Dengan tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang ibu, karena dari wanitalah pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia di masa depan akan lahir.

merdeka!!

Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2013. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger