Home » » Cara Ampuh Memulai Usaha Rumahan Tanpa Modal, DI JAMIN

Cara Ampuh Memulai Usaha Rumahan Tanpa Modal, DI JAMIN

Ditulis oleh Mulia on Minggu, 30 Maret 2014 | 04:55

Dunia bisnis selalu menghadirkan resiko - resiko yang harus kita hadapi, untuk itulah alangkah lebih baik jika kita belajar keluar dari zona nyaman. Apa maksudnya? Anda keluar dari kebiasaan rutin anda, mencoba hal - hal baru yang melelahkan, lebih menyita pikiran dan yang pasti keluar dari zona ketenangan.Semakin besar modal yang anda investasikan untuk usaha anda, maka zona kenyamanan atau ketenangan akan semakin jauh. 

source image : Niabalishop
Kunci tentu ada pada modal, anda mungkin tidak akan merasa khawatir kalau - kalau usaha anda merugi jika usaha anda di jalankan dengan tanpa modal, namun, jika anda telah menginvestasikan atau menanamkan banyak modal uang untuk usaha anda, maka kekhawatiran akan kehilangan banyak uang juga semakin besar, lalu apa mungkin memulai bisnis tanpa modal?

Apakah anda percaya  bahwa mencari modal lebih sulit daripada mencari modal untuk usaha ? 

Perkembangan sistem keuangan negara telah mempermudah permodalan bagi usaha kecil menengah, hadirnya bantuan permodalan dalam bentuk pinjaman lunak ataupun hibah memang sudah banyak. Namun, langkah - langkahnya masih lebih sulit daripada anda mencoba menjalankan usaha dengan tanpa modal.  tidak percaya? coba baca contoh kasus di bawah ini.

# Cara 1 Diversivikasi Barang
Contoh Kasus: 
Andi seorang mahasiswa, karena kebutuhannya akan dunia ketik mengetik dan internet yang berhubungan dengan makalah, resume, papper atau tugas lainnya. Andi membeli sebuah laptop murahan dengan modem bekas kondisi batangan. Agar lebih murah, Andi berlangganan internet jenis SSH yang unlimited seharga Rp. 25.000/ bulan. Karena unlimited maka di pakai ataupun tidak di pakai maka tiap bulan harus tetap mengeluarkan uang Rp. 25.000,-.

Andi kemudian berkenalan dengan dunia online, dan dengan bermodalkan laptop yang tadinya hanya untuk menulis tugas dan internet untuk mencari referensi kemudian ia manfaatkan untuk di jadikan sumber pendapatan , ia menjalankan bisnis google adsense. Ia kemudian menyimpulkan sambil berfikir dengan kerut berkening.
Kenapa saya tidak melakukan usaha dengan apa yang sudah saya miliki, saya tinggal menambah kegunaan barang yang saya miliki untuk melakukan kegiatan bisnis. Dengan begitu, saya akan memulai bisnis dengan tanpa modal karena kalaupun saya tidak menjalankan bisnis, barang tersebut tetap harus saya beli.
Kasus diatas adalah contoh dari diversivikasi barang atau lebih mudahnya memanfaatkan barang yang anda miliki untuk di pergunakan dalam kepentingan lain. 

Anda memiliki sebuah cangkul, apa yang bisa saya lakukan? anda yang kreatif akan menemukan ide dengan cangkul anda, anda bisa menanam pohon rambutan yang unggul dari biji - biji rambutan yang biasanya di buang setelah di makan. kemudian anda rawat dan jual.  Tanpa modal bukan?

Anda tidak punya apa - apa, lantas apa yang di lakukan?
Anda punya tenaga, dan pikiran. Itulah modal anda yang paling utama. Otak bukan hanya untuk menghafal, namun juga menemukan ide - ide yang bisa menguntungkan untuk anda. Anda memiliki potensi luar biasa jika mampu memanfaatkan modal fisik dan pikiran anda. 

Seberapapun modal yang anda miliki jika anda tidak mampu menggunakan modal terpenting anda, maka modal uang anda akan sia -sia. Namun, meskipun anda memiliki modal kecil bahkan mungkin tak punya modal uang sama sekali, anda akan tetap bisa berkarya dan berbisnis.

Memulai sebuah usaha tidak harus di dukung oleh modal uang, cobalah anda perhatikan barang - barang milik anda termasuk keahlian pribadi anda. olah kreatifitas anda, anda senang dengan seni dan kerajinan tangan, ada banyak barang bekas yang bisa anda manfaatkan untuk di jadikan barang hiasan bernilai ekonomi.

Masih tidak percaya bahwa anda bisa berbisnis tanpa modal? mari  kita masuk ke contoh cara kedua. 

Namun berhubung, sudah panjang dan kebanyakan pembaca tidak suka dengan artikel yang terlalu panjang maka akan saya sambung pada artikel lain esok hari.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat, dan terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan banyak ide bisnis beserta analisa usaha untung rugi dan permodalan serta trik - trik dalam bisnis serta tutorial dalam berbisnis online. 

Salam Sukses Usia Muda
Bagikan Artikel ini :
Comments

Berlangganan

RSS Feed

Ikuti Blog Ini

 
Support : Terms Of Service | Disclaimer | Privacy policy | Contact Us
Copyright © 2017. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by bisnis rumahan Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

RSS Feed

Copyright © 2014. Komunitas Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger